Pembelajaran Kolaborasi Dengan Aplikasi EVE-NG Pada Pembelajaran Jaringan Komputer Di Universitas Negeri Surabaya

Main Article Content

MIZAN SYARIF HAWARI
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Proses perkuliahan bisa berjalan didukung sarana dan prasarana, termasuk software yang relevan dengan bidang studi termasuk aplikasi perangkat jaringan dan sistem operasi, yaitu aplikasi EVE-NG. Pembelajaran kolaborasi merupakan pembelajaran yang dimana masing-masing mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, kemudian dilanjutkan proses diskusi antar teman yang satu dengan teman yang lain atau mahasiswa dengan dosen untuk mencapai suatu keberhasilan menjawab tugas yang telah diberikan oleh dosen. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar mahasiswa Teknik Informatika 2017 kelas A Universitas Negeri Surabaya setelah diberikan pembelajaran kolaborasi menggunakan aplikasi EVE-NG. (2) Bagaimana hasil respon mahasiswa terhadap modul pembelajaran konfigurasi HTTP, DNS, dan DHCP menggunakan aplikasi EVE-NG yang diterapkan dengan pembelajaran kolaborasi dan aplikasi EVE-NG. Jenis penelitiannya eksperimen dengan desain one-shot case study. Sampelnya adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika 2017 kelas A dengan jumlah 44 mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan posttest soal praktikum. Teknik analisis data dengan menghitung hasil belajar dan menghitung nilai presentase mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata 80,3 dan ketuntasan mahasiswa 90%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaborasi menggunakan aplikasi EVE-NG pada pembelajaran jaringan komputer dan didukung oleh modul pembelajaran konfigurasi HTTP, DNS, dan DHCP menggunakan aplikasi EVE-NG dapat diterima oleh mahasiswa.

Article Details

How to Cite
SYARIF HAWARI, M., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2019). Pembelajaran Kolaborasi Dengan Aplikasi EVE-NG Pada Pembelajaran Jaringan Komputer Di Universitas Negeri Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/30176
Section
Articles