RANCANG BANGUN MOTION ROBO MAKER APPS BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA PADA MAHASISWA PESERTA KONTES UNTUK MENGUKUR CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE SKILLS (STUDI KASUS : KONTES ROBOT SENI TARI INDONESIA)

Main Article Content

Zaskhia Artina Isnalifah
Muhamad Syariffuddien Zuhrie

Abstract

Penelitian ini mengembangkan aplikasi website bernama "Motion Robo Maker Apps" untuk memudahkan pembuatan gerakan robot tari humanoid dan menjadi media pembelajaran robotika untuk mengukur kemampuan critical thinking dan collaborative skills mahasiswa dalam kompetisi pada studi kasus Kontes Seni Tari Indoneia. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model eXtreme Programming (XP). Pengujian dilakukan dengan Blackbox Testing dan menunjukkan tingkat keberhasilan 100%. Pengujian pengiriman nilai servo dari aplikasi ke mikrokontroler menunjukkan error 3%, sedangkan pembacaan nilai servo dari aplikasi menunjukkan error 0%. Media ini divalidasi oleh 3 ahli dan memperoleh rating validitas 92% (Sangat Valid), komunikasi visual 87% (Valid), dan isi media 90% (Sangat Valid). Hasil respon mahasiswa terhadap media mendapat rating Sangat Valid dengan persentase 93% dari mahasiswa anggota tim Azzahraly Divisi KRSTI DEWO Robotik Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata 88 untuk kemampuan critical thinking mahasiswa dan skor rata-rata 79,11 untuk kemampuan collaborative skills. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikan untuk critical thinking sebesar 0,089 dan collaborative skills sebesar 0,847. Kesimpulannya, aplikasi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif mahasiswa, serta mendukung mereka dalam kompetisi robotika. Aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat dan memudahkan proses pembuatan gerakan robot tari humanoid serta mendukung inovasi dalam robotika dan seni.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Isnalifah, Z. A., & Zuhrie, M. S. (2024). RANCANG BANGUN MOTION ROBO MAKER APPS BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA PADA MAHASISWA PESERTA KONTES UNTUK MENGUKUR CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE SKILLS (STUDI KASUS : KONTES ROBOT SENI TARI INDONESIA). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 147–158. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i1.60036
Section
Articles