Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Untuk Mengukur Dan Meningkatkan Kompetensi Membuat Kode SQL Pada Mata Pelajaran Basis Data di SMKN 1 Boyolangu

Authors

  • Jamaluddin Ghafiqi Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk mengukur dan meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat kode SQL pada mata pelajaran Basis Data, khususnya di kelas XI Program Keahlian Pemrograman Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) SMKN 1 Boyolangu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penggunaan pendekatan Project Based Learning (PjBL) menjadi dasar dalam pengembangan aplikasi, dengan harapan siswa dapat belajar secara aktif melalui praktik langsung dalam proyek-proyek pembelajaran. Penelitian ini melibatkan proses validasi oleh ahli terhadap RPP, media pembelajaran, dan instrumen evaluasi seperti soal pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi: RPP mendapatkan nilai kelayakan sebesar 91%, media pembelajaran sebesar 85%, dan soal pretest-posttest sebesar 91%. Uji coba dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 37 siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang signifikan pada kelas eksperimen, dimana pada ranah kognitif mengalami peningkatan dari 45,68 menjadi 79,46 dan pada ranah psikomotorik mengalami peningkatan dari 45,84 menjadi 84,78. Sementara itu, kelas kontrol pada ranah kognitif hanya mengalami peningkatan dari 45 menjadi 46,49 dan pada ranah psikomotorik hanya mengalami peningkatan dari 44,38 menjadi 52,19. Uji statistik menggunakan SPSS menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal, namun hasil paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, khususnya di kelas eksperimen. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis kode SQL. Aplikasi ini juga dinilai layak sebagai media pembelajaran inovatif dan dapat menjadi solusi untuk mendukung pembelajaran Basis Data secara lebih interaktif, terukur, dan kontekstual.

Kata Kunci: Aplikasi Berbasis Web, SQL, Project Based Learning, ADDIE, Kompetensi Siswa, Basis Data

 

This research aims to develop a web-based application designed to assess and enhance students competence in writing SQL code within the Database subject, specifically targeting Grade XI students in the Software and Game Development Program (PPLG) at SMKN 1 Boyolangu. The research adopts the ADDIE development model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The application is developed based on the Project Based Learning (PjBL) approach, with the goal of promoting active learning through direct engagement in project-based activities. Expert validation was conducted for the lesson plan (RPP), learning media, and evaluation instruments such as pretest and posttest questions. The validation results indicated high feasibility: the RPP received a feasibility score of 91%, the learning media 85%, and the pretest-posttest instruments 91%. The trial was conducted in two groups—an experimental class and a control class—each consisting of 37 students. The analysis showed a significant average increase in the experimental class, where the cognitive domain improved from 45.68 to 79.46, and the psychomotor domain from 45.84 to 84.78. In contrast, the control class experienced a modest increase, with the cognitive domain rising from 45 to 46.49 and the psychomotor domain from 44.38 to 52.19. Statistical testing using SPSS revealed that the data were not normally distributed; however, the paired sample t-test indicated a significant difference between pretest and posttest scores, especially in the experimental group. Based on these findings, it can be concluded that the developed application is effective in enhancing students' competence in writing SQL code. Moreover, the application is considered a feasible and innovative learning tool, offering a more interactive, measurable, and contextual approach to teaching Database subjects.

Keywords: Web Based Application, SQL, Project Based Learning, ADDIE, Student Competence, Database

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-06-2025

How to Cite

Jamaluddin Ghafiqi, & Bambang Sujatmiko. (2025). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Untuk Mengukur Dan Meningkatkan Kompetensi Membuat Kode SQL Pada Mata Pelajaran Basis Data di SMKN 1 Boyolangu. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(02), 68–75. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/69240
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0