Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran PBO Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Python Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71101Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK) berkembang dengan pesat dan dimanfaatkan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, melalui e-learning. Penggunaan metode konvensional pada kegiatan praktikum sering membuat siswa cepat bosan dan kesulitan memahami materi sehingga informasi tidak tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi berbasis web yang mendukung semua jenis perangkat dan memudahkan kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untukmengetahui bagaimana mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis website sebagai implementasi compiler pada pemrograman berbasis objek, dan mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi media pembelajaran berbasis web terhadap kompetensi pemrograman Python siswa dalam mata pelajaran pemrograman berorientasi objek. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) untuk mengevaluasi dampak penggunaan aplikasi. Hasil kelayakan media oleh ahli memperoleh rata-rata 96,15% yang menunjukkan aplikasi layak digunakan untuk pembelajaran. Melalui pretest dan posttest, diperoleh peningkatan signifikan pada kompetensi pemrograman siswa. Uji independent sample T-test menghasilkan nilai 0,000 yang membuktikan adanya peningkatan signifikan kemampuan pemrograman Python siswa. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran berbasis web efektif dalam meningkatkan kompetensi pemrograman.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 24
