EVALUASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA CBIFONIK DI TKIT AL USWAH BANGIL KABUPATEN PASURUAN

  • NURUL QOLBI

Abstract

Abstrak

Evaluasi meupakan hal penting dalam suatu proses pembelajaran. Standar pendidik untuk PAUD (guru, guru pendamping, dan pengasuh) dan tenaga kependidikan memuat kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan evaluasi program pembelajaran..

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru TK B TKIT Al Uswah Bangil dalam mendesain pembelajaran dan menerapkan metode CBIFonik.Penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru TK B dan guru fonik TKIT Al Uswah Bangil yang berjumlah 4 orang. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, instrumen penilaian, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa statistik deskriptif.

Hasil evaluasi yang didapat ditinjau dari pengalaman mengajar >10 tahun dengan skor 55, 5-10 tahun dengan skor 61 dan <5 tahun dengan skor 60 dikategorikan sangat baik ditinjau dari keikutsertaan pelatihan <3 kali mendapatkan skor rata-rata 55 dengan kategori sangat baik dan keikutsertaan pelatihan >3 kali dengan skor 60,7dengan kategori sangat baik. Ditinjau dari status sudah bersertifikasi mendapatkan skor rata-rata 0 dan belum bersertifikasi mendapatkan skor rata-rata 59,25 dengan kategori sangat baik.

Simpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi penerapan metode CBIFonik pada guru TK B TKIT Al Uswah di tinjau dari penguasaan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran dikategorikan baik dengan adanya perbedaan berdasarkan pengalaman bekerja, keikutsertaan pelatihan, dan status sertifikasi. Rekomendasi yang diberikan yaitu guru lebih meningkatkan kemampuannya dalam mendesain pembelajaran dalam mengkombinasikan metode CBIFonik secara tepat, Direkomendasikan untuk melakukan penelitian dalam desain, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, serta pelatihan yang kontinyu untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan metode CBIFonik.

Kata Kunci : Metode CBIFonik, Desain Pembelajaran, Model CIPP

 

 

 

 

Abstract

Evaluation meupakan important things in a learning process.Standards for early childhood educators (teachers, assistant teachers, and caregivers) and education personnel includes qualifications and competencies required in a learning program evaluation activities ..

This study aims to determine the competence of TK B TKIT Al Uswah Bangil in designing and implementing learning CBIFonik. The method is a research evaluation.This research subject is a kindergarten teacher and teacher phonic TKIT B Al Uswah Bangil amounting to 4 people.Evaluation model used is the CIPP evaluation model.The data collection is questionnaire, assessment instruments, interviews and documentation.Data analysis using descriptive statistical analysis.

The evaluation results obtained in terms of teaching experience> 10 years with a score of 55, 5-10 years with a score of 61 and <5 years with an excellent score of 60 is categorized in terms of participation training <3 times to get an average score of 55 with very good categories and participation training> 3 times the score 60,7dengan category very well.Judging from certified status earn an average score of 0 and has not been certified to get an average score of 59.25 with a very good category.

The conclusions in this study is the evaluation of the application of methods CBIFonik the TK B TKIT Al Uswah in the review of control of the competency of teachers in designing learning categorized either by their differences based on work experience, participation training, and certification status.Recommendations are given that teachers further enhance its ability to design learning in CBIFonik appropriately combining methods, recommended to conduct research in the design, implementation and assessment of learning, as well as continuous training to develop the skills of teachers in applying the method CBIFonik.

Keywords: CBIFonik Methods, Instructional Design, CIPP Model

Published
2016-05-19
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 55