PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME GARIS BILANGAN MATERI BILANGAN BULAT PADAMATA PELAJARAN MATEMATKA KELAS IV SDN NGAMPELSARI CANDI SIDOARJO

  • NOVA DWI ERLITASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Ngampelsari Candi Sidoarjo dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan pengumpulan data dalam proses pembelajaran yang menyebutkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dalam penyampaian materi bilangan bulat guru hanya mengunakan media koin dan kelereng sehingga siswa kurang tertarik. Efek sampingnya adalah rendahnya nilai siswa dalam materi ini. Dalam ulangan harian hanya 16 siswa yang mendapat nilai di atas nilai minimum. Materi bilangan bulat ini akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa jika menggunakan media yang lebih menarik dan inovatif. Dengan demikian diperlukan media Board Game dalam proses pembelajaran bilangan bulat yang dapat menarik perhatian siswa dan merangsang sistem motorik anak karena siswa terlibat langsung dalam penggunaan media tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah diperlukannya pengembangan media Board Game Garis Bilangan materi bilangan bulat pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Ngampelsari Candi Sidoarjo yang layak dan fektif

Pengembangan media Board Game ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) dari Sugiyono karena model pengembangan ini tahapannya sistematis untuk menghasilkan suatu produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kulitatif dan kuantitatif. Data hasil pengembangan validasi yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Berdasarkan hasil analisis data ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan: a) hasil presentase uji coba dari ahli materi I dan ahli materi II adalah 100% tergolong sangat baik, b) hasil presentase ahli media I dan ahli media II adalah 89,5% tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil angket uji coba dapat disimpulkan bahwa: a) hasil presentase uji coba perorangan 97,2% tergolong sangat baik, b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 95,2% tergolong sangat baik, c) hasil presentase uji coba kelompok besar 97,5% tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil presentase diatas maka dinyatakan layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Board Game ini efektif. Dengan demikian media Board Game Garis Bilangan dikatakan layak dan efektif.

Kata kunci: Pengembangan, media Board Game, Matematika.

Abstract

The research performed within forth grade student of Ngampelsari Candi Sidoarjo Elementary School by way of interviews and data collecting of the learning activity that mentions teachers have conveying difficulties towards the student. Teachers simply just utilize coins and marbles to convey the interger lesson. As the result, students have hit low in this lesson. Only 16 students can achieve above the standard score in the exam. The interger lesson can be attractive and comprehensible by using catchy and innovative media. Thereby a media such as Board Game is necessary for activities of learning the interger lesson which can draw the students attention and stimulate their motoric system as the students were directly involved in the use of the media. The problem in this research is requiring a decent and effective development of a Line Numbers Board Game for interger lesson in math subject forth grade Ngampelsari Candi Sidoarjo elementary school.

This development of Board Game media is using Sugiyono’s Research & Development (R&D) model, because this model have a systematic step to produce a product. The likes of observation, interviews, questionnaire and test are used for data collecting method. The types of data that can be obtain is qualitative and quantitative data. The data result of validation of development consist of experts assessment and trials. Based on analysis the results of media experts data and lecture specialist can be inferred that : a) the percentage of trial result from lecture specialist I and lecture specialist II that classified as superfine is 100%, b) the percentage of trial result from media expert I and media expert II that classified as superfine is 89,5%. Based on questionnaire trials can be inferred that : a) the percentage of trial result from individual that classified as superfine is 97,2%, b) the percentage of trial result from minority groups that classified as superfine is 95,2%, c) the percentage of trial result from majority groups that classified as superfine is 97,5%. Based on those percentage of trials, this media is a decent media. Therefore this can be inferred) that Board Game media is effective. Thus Line Numbers Board Game is expressed as decent and effective.

Keywords: Development, Board Game Media, Math

Published
2016-05-19
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 1163