PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION MATERI ASESORIS KAMERA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • AHMAD NUR ATIQ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Computer Assisted Instruction (CAI) yang mampu digunakan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar mata kuliah Pengembangan Media Foto yang telah mengalami uji kelayakan dan keefektifan sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan. Metode Pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subyek dan lokasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2014 sebanyak 95 mahasiswa, 3 mahasiswa untuk uji coba perseorangan, 10 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan 26 mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, angket, dokumentasi dan tes untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media. Berdasarkan hasil dari analisisis data yang diketahui dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media, dapat diperoleh data sebagai berikut: (a) Hasil presentase Ahli Materi I : 90% (sangat baik), (b) Hasil presentase Ahli Materi II : 90% (sangat baik), (c) Hasil presentase Ahli Media I : 100% (sangat baik), (d) Hasil presentase Ahli Media II : 73.3% (baik). Melalui hasil angket uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa : (a) Hasil presentase uji perseorangan 85,71% (sangat baik), (b) Hasil presentase uji kelompok kecil 83,58% (sangat baik), (c) Hasil presentase uji kelompok besar 87.14% (sangat baik). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Computer Assisted Instruction (CAI) ini dikategorikan sangat baik. dan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan signifikan 5%, db = N1+N2-2 (26+26-2) = 50, sehingga diperoleh ttabel 1.980. Dan thitung lebih dari ttabel yaitu 10,301>1,980. Hasil perhitungan perbandingan dari kelas kontrol dan kelas eksperiment tersebut memberi kesimpulan bahwa media efektif.

Kata kunci : Pengembangan Computer Assisted Instruction (CAI), Model ADDIE

Abstract

This research was intended to produce computer assisted instruction ( CAI ) capable of being used faculty and students to the learning process lecture development media photo who has experienced feasibility study and effectiveness of so can increase ability to learn students technology education.Method of development used is the model addie was ( analyze, design, development, implementation, evaluate ).Subject and research locations this is a student prodi technology education the 2014 by 95 students, 3 students we will try to individual, 10 students we will try to small group and 26 students we will try to a large group. Technique data collection structural used is interview, chief, documentation and tests to know appropriateness and effectiveness of media. Based on the results of analisisis data known from the results of interviews the matter and media experts , can be obtained data as follows: ( a ) of the the percentage the people of material i: 90 % ( very good , ( b ) of the the percentage the people of material ii: 90 % ( very good , ( c ) of the the percentage media experts i: 100 % ( very good , ( d ) of the the percentage media experts ii: 73.3 % ( good .Through the chief pilot products , can be concluded that: ( a ) of the individual the percentage test 85,71 % ( very good , ( b ) of the test the percentage small group 83,58 % ( very good , ( c ) of the the percentage test a large group 87.14 % ( very good .With the result the , so can be concluded that computer assisted instruction ( cai this categorized very good . And being used .Based on the calculation on 5 percent with significant, db = n1 + n2-2 ( 26 + 26-2 = 50 , so obtained ttabel 1.980 .And thitung more than ttabel namely 10,301 & gt; 1,980 .The calculation on comparison of a class control and class eksperiment

Keyword : Development of Computer Assisted Instruction (CAI), ADDIE Model

Published
2016-11-17
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 26