PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATA KULIAH SISTEM KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK PROG. S1 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT DI SURABAYA

  • MOCH FATCUR ROHMAN

Abstract

Abstrak
Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) merupakan salah satu lembaga pendidikan di lingkungan militer yang memiliki tujuan untuk mendidik dan mencetak prajurit TNI yang profesional dan terampil. STTAL memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan ciri khas kemiliteran atau kedinasan TNI AL. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dipersiapkan untuk masuk dalam bidang satuan kerja sesuai bidang yang dipelajari. Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut khususnya pada progam studi S1 Jurusan Teknik Elektro pada mata kuliah Sistem Komunikasi Digital. Melihat dari rencana pembelajaran semester (RPS) yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Sistem Komunikasi Digital beserta pemrosesan terhadap sinyal digital. Dalam proses pembelajaran mata kuliah sistem komunikasi digitasl, pembelajaran bertumpu pada penjelasan dosen saat kegiatan tatap muka berlangsung dengan hanya menggunakan slide power point. Mahasiswa tidak memiliki buku pegangan terkait dengan materi. Modul mata kuliah sistem komunikasi digital ini mengadaptasi model pengembangan Reseacrh and Development (Borg and Gall dalam Sugiyono, 2010:298) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan mengkaji kelayakan dan keefektifan dari produk terebut. Modul ini melalui beberapa tahap uji coba yakni oleh para ahli materi, ahli media, dan 16 mahasiswa S1 teknik elekro STTAL. Hasil uji kelayakan modul berdasarkan hasil angket ahli materi, ahli media serta hasil angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Selanjutnya dengan hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan nilai post test lebih besar dari pada hasil pre test, sebesar 1368 > 924 yang berarti adanya peningkatan nilai mahasiswa setelah menggunakan modul dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 27,75 yang diperoleh dari hitungan jumlah beda dibagi dengan jumlah mahasiswa. Berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% d.f = 16-1 = 15, sehingga diperoleh t tabel = 1,70 sedangkan t hitung 4,97 sehingga Modul cetak dapat dikatakan secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Sistem Komunikasi Digital.

Abstract
Naval Technology High School (STTAL) is one of institutions in the military which has the best education and skilled. STTAL have a curriculum with the typical military or official Navy. Naval Technology High School prepared to enter the work force for the field being studied. Students in the College of Technology Navy especially in S1 Electrical Engineering programme on Digital Communication System. Viewed from the learning plan (RPS) that provides knowledge and understanding Digital Communication System and that's processing to the digital signal. In the process of learning subjects digital communication system, based on the teaching explanation when activities face to face only used the power point slide. Students do not have a handbook. Module subjects digital communication systems is one of system which adapt from Research and Development model (Borg and Gall in Sugiyono, 2010: 298). the research methods used to produce a particular product, and examine the feasibility and effectiveness of the product stretcher. This module through several stages of the trial by the subject matter experts, media specialists, and 16 students S1 STTAL Electrical techniques. The results of the feasibility test module based on the results of questionnaires subject matter experts, media experts and the results of the questionnaire individual testing, piloting a small group, and large group trial. Furthermore, the results of pretest and posttest showed an increase in the value of post test is better than pre test results, amount to 1368> 924 means an increase in the value of the students after using modules with an average increase in value of 27.75 obtained from different counts divided the number of students. Based on testing using a significance level of 5% d.f = 16-1 = 15, so obtained t table = 1.70 t 4.97 while the print module can be said that it can significantly improve student learning outcomes.
Keywords : : Development, Modules, Digital Communication Systems.

Published
2017-04-06
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 50