PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN LIGHTING FOTOGRAFI PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ADE SUPRAYOGI

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah merancang dan membuat model prototipe media video pembelajaran yang memuat : Tujuan, uraian materi dan rangkuman disertai dengan bahan penyerta meliputi panduan penggunaan video, perawatan, SAP, Silabus, Materi, Soal dan kunci jawaban.

Model atau metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model R&D yang meliputi : Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji pemakaian, revisi produk, uji coba produk, perbaikan produk, revisi produk, produksi masal.

Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan dalam 4 tahap yaitu : tahap pertama validasi/review dengan ahli materi dan ahli media, tahap kedua dilakukan dengan uji coba perseorangan, tahap ketiga uji coba produk kelompok kecil dan tahap terahir uji coba lapangan dengan kelompok besar.

Berdasarkan analisis dari 30 mahasiswa peserta uji coba lapangan, antara nilai pre-test dan nilai post-test lebih besar post-test yaitu 38,4<63,8. Untuk melihat efektivitas produk, dilakukan dilakukan dengan uji t. Hasil uji coba dengan menggunakan uji t menunjukkan t hitung t=6,8>1,69. Ini berarti ada perbedaan yang signifikan nilai yang diperoleh mahasiswa yang belajar tanpa media dan mahasiswa yang belajar menggunakan media video pembelajaran.

Setelah melewati beberapa tahap uji coba, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam uji coba lapangan mampu meningkatkan pemahaman materi dan sudah memenuhi kategori “Sangat baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Pengembangan media foto di program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Surabaya.

 

Kata Kunci: Pengembangan dan Media Video Pembelajaran 

 

Abstract

This research is a development research. The purpose of this development study is to design and model prototype of instructional video media containing: Objectives, material descriptions and summaries along with accompanying materials including video usage guidelines, care, SAP, Syllabus, Material, Problem and answer key.

The model or method of research and development used is the R & D model which includes: Potential and problem, data collection, product design, design validation, usage test, product revision, product trial, product improvement, product revision, mass production.
In the implementation of trials conducted in 4 stages: first stage of validation / review with material experts and media experts, the second stage is done by individual trials, third phase of small group product trial and last stage of field trials with large groups.

Based on the analysis of 30 field trials, between pre-test and post-test the bigger post-test is 38,4 <63,8. To see the effectiveness of the product, conducted by t test. The test result using t test shows t count t = 6.8> 1.69. This means there is a significant difference in the value obtained by students who are studying without media and students learning to use video learning media.

After passing several experimental stages, it can be concluded that the use of learning video media in field trials can improve the understanding of the material and has met the "Excellent" category and is fit to be used in the learning course Development of photo media in the Education Technology course Faculty of Education University Of Surabaya.

 
Keywords: Development and Learning Video Media

Published
2017-06-06
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 40