PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI TENSES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK

  • SINGGIH MUKTI WIBOWO
  • MUSTAJI

Abstract

Dari hasil observasi awal di SMPN 1 Pogalan Trenggalek, pada proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris materi yang berkenaan dengan Tenses ditemukan beberapa permasalahan pembelajaran diantaranya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tenses sehingga ketika guru melakukan review materi tenses siswa belum banyak yang bisa menjawab. Selain itu melihat media pembelajaran yang tersedia dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan sumber pembelajaran sebagai salah satu bagian pendukung proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran terkesan terlalu verbalisme dimana guru menerangkan secara lisan berdasarkan buku paket ataupun lembar kerja siswa. Berdasar pada masalah pembelajaran tersebut, mendasari pengembang untuk mengembangakan media CAI(Computer Assisted Instructional) di SMPN 1 Pogalan Trenggalek.

Pengembangan media CAI ini bertujuan untuk memproduksi media CAI tentang materi tenses pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran tenses mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Pogalan Trenggalek. Dalam mengembangkan media CAI tenses ini pengembang menggunakan model pengembangan Reearch & Development (R&D) model Sugiyono, dengan alasan metode ini memiliki langkah yang sederhana dan jelas.

Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model Sugiyono sampai dengan langkah delapan diperoleh data kualitatif dari hasil uji validasi, ahli materi I diperoleh layak tanpa revisi, ahli media II diperoleh layak tanpa revisi, ahli media I diperoleh hasil layak, ahli media II diperoleh hasil layak tanpa revisi. Sedangkan hasil kuantitatif pada hasil uji coba perorangan diperoleh nilai 78.33% (kategori baik), uji coba kelompok kecil diperoleh 81,22%(kategori baik sekali), sedangkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh 81,76 (kategori baik sekali). Pada penghitungan analisis data nilai rata-rata post test 81,91 memiliki nlai yang lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pre-test yaitu 45,88. Sedngkan dari hasil penghitungan taraf signifikan 5%, db = N-1=34-1=33 sehingga diperoleh t tabel 2,045. Jadi t hitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,802 > 2,045 sehingga kesimpulan media CAI tenses yang diproduksi telah efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi tenses mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Pogalan Trenggalek

Kata Kunci:Pengembangan, Media CAI, Tenses, Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Published
2018-06-06
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 42