PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK BAHASA INDONESIA MATERI POKOK TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 BARON KABUPATEN NGANJUK

  • AGNES ILLA AZIZA
  • KHUSNUL KHOTIMAH

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti, meskipun memiliki beberapa fasilitas berupa laptop dan sound system, guru masih kurang dalam memanfaatkan sebagai media belajar berbasis IPTEK. Guru memilih membaca melalui buku pelajaran dan menyampaikan materi dengan metode ceramah. Dalam proses pembelajaran siswa masih sulit dalam memahami materi pokok teks fiksi pada mata pelajaran Tematik Bahasa Indonesia. Sehingga siswa kurang memiliki antusias dan merasa bosan dalam mempelajari teks fiksi dan berdampak pada beberapa siswa satu tingkat sebelumnya yang memiliki nilai kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan media audio pembelajaran yang layak pada mata pelajaran Tematik Bahasa Indonesia materi pokok teks fiksi, dan 2) mengetahui efektifitas media audio pembelajaran pada mata pelajaran Tematik Bahasa Indonesia materi pokok teks fiksi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Baron Kabupaten Nganjuk berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data melalui instrumen angket, sedangkan untuk mengetahui keefektifan media digunakan intrumen tes dengan uji tanda one group desain pre-test post-test untuk teknik analisis data. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan media yang telah dilakukan kepada: 1) ahli materi diperoleh 95%, 2) ahli media diperoleh 86,6%, 3) uji coba perorangan diperoleh 90%, 2) uji coba kelompok kecil diperoleh 92%, 3) uji coba kelompok besar diperoleh 93,2%, sehingga media termasuk dalam kategori sangat baik dan dinyatakan layak digunakan. Dari hasil perhitungan uji tanda, hasil hitung Chi Kuadrat lebih besar dari pada harga tabel Chi Kuadrat (23,04>3,841). Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan media audio pembelajaran pada mata pelajaran tematik bahasa Indonesia materi pokok teks fiksi efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pengembangan, media audio, bahasa Indonesia, pembelajaran.

Published
2018-07-25
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 14