PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI TEKNIK PERUNJUKAN MUSIK MATA PELAJARAN SENI MUSIK KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 TRENGGALEK

  • GUSTIN FAIDATUL ISMA
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

Teknik pertunjukan musik adalah salah satu mata pelajaran yang mata pelajaran seni budaya yang terdapat pada kelas X IIS SMA Negeri 1 Trenggalek yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pertunjukan musik. Mata pelajaran ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada siswa sehingga siswa mampu menerapkannya dikemudian hari. Kurangnya sumber belajar menjadi kendala untuk siswa dalam belajar mandiri. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media belajar berupa CAI untuk menunjang belajar siswa secara mandiri serta meningkatkan hasil belajar siswa. Media CAI yang dikembangkan dilengkapi dengan lampiran pendukung pembelajaran. Pengembangan media CAI didasarkan pada karakteristik materi, karakteristik siswa dan lingkungan penunjang media tersebut. Spesifikasi media CAI terdiri dari media pembelajaran berbasis komputer, bahan penyerta, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model dengan adaptasi R & D (Research and Development) dari Borg and Gall. Pengembangan divalidasi oleh 2 ahli materi , 2 ahli media, 2 guru pengampu dan angket siswa. Uji coba dilakukan pada : 1) uji coba perorangan sebanyak 3 siswa, 2)uji coba kelompok kecil sebanyak 9 siswa, dan 3) uji coba kelompok besar sebanyak jumlah siswa kelas yaitu 29 siswa.

Pada teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, angket, serta tes (pre-test dan post-test). Dalam mengolah data tersebut peneliti menggunakan rumus perhitungan setiap aspek (PSA), perhitungan seluruh program (PSP) serta menggunakan rumus uji t (t-Test). Berdasarkan hasil validasi dan pengolahan data maka didapatkan hasil nilai 83,55 dari ahli materi, 81,61 dari ahli media, 81,63 dari guru pengampu, dari uji perorangan, dari uji kelompok kecil, 83,37 dari uji kelompok besar. Kemudian dari hasil uji t menunjukkan angka thitung = 20,09 sedangkan ttabel = 1,70113 (diperoleh dari referensi nilai pada tabel t dengan taraf signifikansi 5% dan nilai n = 28). Dengan demikian hasil pre-test dan post-test tersebut mengalami perbedaan yang signifikan dengan di dasarkan atas perhitungan dengan ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif menunjukkan peningkatan dari sebelum digunakannya media, dan media yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media, CAI, Teknik pertunjukan musik, SMA Negeri 1 Trenggalek.

Published
2018-09-28
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 25