PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DRIYOREJO

  • ARIA PRABOWO SANTOSO

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA berfungsi untuk memberikan pengetahuan tentang lingkungan alam, mengembangkan ketrampilan, wawasan, dan kesadaran teknologi dalam kaitan dengan pemanfaatannya bagi kehidupan sehari-hari. Terdapat peristiwa lingkungan yang terjadi di waktu tertentu atau tidak dapat dilihat secara kasat mata peristiwa alam. Pengamatan tentang sistem gerak pada manusia memerlukan media gerak yang dapat menjelaskan proses terjadinya. Masalah tersebut terdapat juga di SMP Negeri 1 Driyorejo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem gerak pada manusia. Masalah ini didapat dari hasil observasi terhadap siswa kelas VIII-C yang mempelajari materi system gerak pada manusia. Data yang diperoleh menunjukkan rata-rata siswa mendapatkan nilai 65-70, nilai ini dibawah dari standar nilai ketuntasan minimal 75. Sehingga rumusan masalah yang muncul adalah perlunya sebuah media Computer Asisted Instruction (CAI) yang sesuai dengan kebutuhan bagi sekolah, diperlukan uji kelayakan media CAI bagi sekolah, dan diperlukan uji efektifitas media CAI bagi sekolah. Media CAI dikemas dengan bentuk DVD Di dalamnya berisi tampilan yang menjelaskan tujuan dikembangkannya media CAI, petunjuk penggunaan media CAI, sebuah penjelasan tentang tulang, otot, serta gangguan yang ada pada tulang dan otot, dan soal-soal evaluasi yang di buat secara acak sesuai dengan materi. Beserta bahan pernyertanya yang berisi petunjuk pemakaian, bertujuan sebagai pemandu penggunaan, untuk memudahkan guru dan siswa dalam menggunakan media CAI.

Model dan prosedur pengembangan R & D (Research and Development) oleh Borg dan Gall dalam Sugiono yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model R & D dapat dipergunakan selama pengembangan karena sesuai dengan tujuan pengembangan media CAI untuk mengetahui keefektifan media CAI yang digunakan di sekolah. Dalam pelaksanaan dilakukan beberapa tahapan, yakni ; review dengan para ahli materi dan media, kemudian di uji cobakan kepada siswa dalam bentuk perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan PSA (prosentase Setiap Aspek). Sedangkan data eksperimen di hitung menggunakan rumus pre-test dan post-test.

Hasil review kepada dua ahli materi yaitu 86,11 dan review pada ahli media yaitu 82,88. Kemudian pada hasil uji coba perorangan yaitu 96,74 lalu pada kelompok kecil yaitu 92,38 dan pada uji coba kelompok besar 91,09. Hasil data diperoleh menunjukan media layak dipergunakan. Hasil tes diperoleh data 10.14 > 1.69 dapat disimpulkan t0 lebih besar dari t0.05. dari hasil tersebut maka dapat diintreprestasikan bahwa media CAI mata pelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia efektif dipergunakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Driyorejo.

Sehingga media CAI dapat dikatakan layak dan efektif karena berdasarkan kategori yang ditunjukan pada ujicoba yang dilakukan. Media CAI yang dikembangkan perlunya instruksi dalam penggunaannya untuk memudahkan siswa menggunakannya. Melihat karakteristik media CAI yang dikembangkan, media CAI ini hanya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar pelajaran IPA kelas VIII materi sistem gerak pada manusia.

Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI (Computer Asisted Instruction), Ilmu Pengetahuan Alam.






Published
2019-01-10
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 34