Pengembangan Media Simulasi Digital Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Bayangan Pada Cermin Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Surabaya

  • FATKHIYAH HARDIYANTI

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang terdapat pada SMP Negeri 33 Surabaya yaitu kurangnya sarana percobaan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok bayangan pada cermin. Berdasarkan analisis kebutuhan pengembang melakukan penelitian dengan mengembangkan Media Simulasi Digital materi pokok bayangan pada cermin kelas VIII. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1)untuk mengembangkan media Simulasi Digital yang layak pada materi pokok bayangan pada cermin di SMPN 33 Surabaya,(2) Mengembangkan Media Simulasi Digital yang efektif digunakan untuk materi pokok Bayangan Pada Cermin di SMPN 33 Surabaya. Penelitian Ini menggunakan Model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate).. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Wawancara terstruktur, angket tertutup, dan tes untuk mengetahui kelayakan media Simulasi Digital, untuk mengetahui tingkat efektifitas menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data uji kelayakan dilakukan dengan ahli pembelajaran, Ahli materi I - II, dan Ahli Media I – II serta uji coba produk yang diterapkan uji perorangan, kelompok kecil, hingga kelompok besar mendapatkan kategori yang sangat baik. Sehingga media Simulasi Digital dapat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran materi Bayangan Pada Cermin. Sedangkan hasil analisis Uji t pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen, didapatkan hasil t hitung<t tabel (1,357 < 1,994). Sedangkan hasil post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen 14,803>1,994. disimpulkan bahwa hasil posttest yang meningkat pada kelas eksperimen. Sehingga media Simulasi Digital yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran materi Bayangan Pada Cermin Kelas VIII SMP Negeri 33 Surabaya.





Published
2019-05-15
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 199