PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK MATERI KONSEP DASAR PENULISAN NASKAH VIDEO PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN KRIYA KULIT DI SMKN 1 JABON SIDOARJO

  • SELIA WINARSIH

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media modul cetak penulisan naskah video yang digunakan pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital untuk siswa kelas X Jurusan Kriya Kulit di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital terdapat masalah yaitu belum terdapat bahan ajar untuk siswa, masih terdapat 60% siswa yang hasil belajarnya masih di bawah Ketuntasan Belajar Minimal yaitu 75. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Dalam pengembangan media modul cetak ini dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Selain itu juga dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket dan kemudian dihitung menggunakan rumus deskriptif persentase. Sedangkan hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus uji t. Hasil validasi ahli materi, ahli media, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media modul layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji t post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 3,21773>1,67155 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya media modul cetak efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: pengembangan, media modul cetak, penulisan naskah video
Published
2019-05-20
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 45