PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TENTANG KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA

  • CHIKITA DWINDA APRITA

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Computer Assisted Instruction (CAI) tentang kemampuan bina diri anak tunagrahita ringan di SLB Tunas Kasih Surabaya. Media CAI tersebut untuk memudahkan anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran memakai sepatu. Hal ini didasarkan pada latar belakang penelitian yaitu kurangnya kemandirian anak tunagrahita ringan dalam memakai sepatu, sehingga anak kesulitan ketika memakai sepatu, selain itu guru kurang mengajarkan cara memakai sepatu karena tidak adanya alat peraga. Untuk itu diperlukan pemecahan masalah dengan menggunakan media CAI yang layak dan efektif Tentang Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan di SLB Tunas Kasih Surabaya.

Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian non-parametik. Data dikumpulkan dengan angket terbuka, expert judgement dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes mengunakan expert judgement dan rumus wilcoxon match pairs test.

Berdasarkan hasil analisis data perhitungan angket ahli materi memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali, perhitungan angket ahli media memperoleh 100% termasuk dalam kategori baik sekali, serta uji coba pada 2orang siswa mendapatkan 90,5% termasuk kategori baik sekali. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI ini dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Dari hasil analisis data tes pembelajaran yang tidak menggunakan media CAI. Ini dapat dibuktikan dengan hasil sebelum penelitian memperoleh nilai rata-rata 46, kemudian setelah menggunakan media CAI memperoleh hasil rata-rata 86. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Zhitung = 2,20 lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5% dengan n=6, berarti Zhitung = 2,20 > Ztabel = 1,96. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunakan mediaCAI efektif utuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam memahami meteri kemampuan bina diri memakai sepatu.

Kata kunci :Computer Assisted Instruction, Kemampuan Bina Diri, Siswa Tunagrahita Ringan.

Published
2019-05-24
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 93