PENGEMBANGAN SIMULASI MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION MATERI MERAKIT LAPTOP DALAM MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR BAGI SISWA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 6 SURABAYA.

  • FEBRI SURYAJI FIRMANSYAH

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal tanggal 29 Agustus 2018 di SMK Negeri 6 Surabaya dalam mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar materi Merakit Laptop Kelas X Jurusan Multimedia, sekolah tersebut memiliki sarana dan prasarana, yakni LCD dan Proyektor yang sangat menunjang untuk kegiatan proses belajar mengajar. Namun, ketika proses pembelajaran berlangsung sarana dan prasarana tidak digunakan. Dari masalah yang ada ternyata menimbulkan dampak bagi siswa, dari 30 siswa dikelas Jurusan Multimedia terdapat 25 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) yang sudah ditetapkan SMK Negeri 6 Surabaya.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media Computer Assisted Instruction yang layak dan efektif tentang materi Merakit Laptop pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 6 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE.

Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, angket dan tes siswa berupa tes unjuk kerja untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kelayakan media Computer Assisted Instruction yang sedang dikembangkan dan menggunakan rumus postest only. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data hasil yang didapatkan dari ahli materi sebesar 75%, sedangkan hasil yang didapatkan dari kedua ahli media sebesar 100%. Dari kedua perhitungan dari ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction materi Merakit Laptop pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar layak untuk digunakan dan diterapkan pada kegiatan proses pembelajaran. Berdasarkan data pada uji t didapatkan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan. Jika thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak berarti signifikansi dan konsultasikan antara thitung dengan ttabel. Hasil yang diperoleh pada thitung > ttabel hasilnya adalah 2,967 > 2,000. Jadi, pada hasil pada posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction layak dan efektif diterapkan pada kegiatan proses pembelajaran materi Merakit Laptop pada mata pelajaran Komputer dan jaringan Dasar.
Kata Kunci : Media, Computer Assisted Instruction, Merakit Laptop
Published
2019-06-18
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 30