PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SMARTPHONE MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MATERI SISMTEM OPERASI DAN INSTALASI SOFTWARE DI SMK NEGERI 1 KALITENGAH LAMONGAN

  • FAKHRUL ARIFIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis smartphone yang layak dan efektif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi sistem operasi dan instalasi software di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Research and Development (R&D) oleh Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Instrumen wawancara digunakan untuk validasi ahli RPP, ahli materi dan ahli media. Kemudian angket dan tes digunakan kepada peserta didik kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.

Berdasarkan hasil analis data, hasil uji kelayakan media e-modul berbasis smartphone pada ahli materi sebesar 87,5% dan ahli media sebesar 100%. Meskipun hasil analisis pada ahli materi termasuk kategori sangat baik, namun pengembang tetap melakukan revisi dan validasi ulang hingga persentase yang didapat sebesar 100% agar media e-modul lebih layak untuk digunakan. Uji coba perseorangan 92,8%, uji coba kelompok kecil 91,6% dan uji coba kelompok besar 95,9%, seluruh hasil analisis termasuk kategori sangat baik. Kemudian melakukan revisi untuk menyempurnakan e-modul sehingga mendapatkan presentase kelayakan sebesar 100%. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan e-modul berbasis smartphone dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test dan kemudian dihitung menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh thitung sebesar 8,448 dan ttabel sebesar 1,699. Sehingga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,448 > 1,699. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-modul berbasis smartphone efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi sistem operasi dan instalasi software mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk peserta didik kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.






Published
2019-07-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 265