Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Proses Kelompok Terhadap Pemahaman Konsep dan Analisis Materi Hak Asasi Manusia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya

  • Tri Widya Ayu Febriani Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Mariono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dengan proses kelompok
terhadap pemahaman konsep materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) di kelas XI SMK PGRI 7 Surabaya, 2) pengaruh penerapan pendekatan kontekstual
dengan proses kelompok terhadap analisis materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) di kelas XI SMK PGRI 7 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experiment Design dengan model Control Group Pre test dan Post test. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengawasi keterlaksaanaan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan kontekstual, sedangkan teknik tes dengan 2 tipe soal digunakan untuk memperoleh data
mengenai hasil kemampuan pemahaman konsep dan analisis. Hasil penelitian kedua variabel yakni kemampuan
pemahaman konsep dan analisis dilakukan uji hipotesis non parametrik melalui SPSS dengan rumus Mann Whitney
U menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau P- Value sebesar 0,000. Apabila nilai p value kurang dari
batas kritis 0,05 maka terdapat pengaruh bermakna dari penerapan pendekatan kontekstual dengan proses kelompok
terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan analisis atau yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep, Analisis

Published
2024-04-18
Abstract Views: 1
PDF Downloads: 0