Sense of Humor sebagai Inovasi Taktik Mengajar Matematika di SMA (Studi Kasus: Guru X di SMA Bekasi)

  • Siswi Nia Nuraini Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Salah satu taktik atau gaya mengajar yang diterapkan oleh Guru X pada proses pembelajaran matematika di kelas menerapkan sense of humor di dalam gaya mengajarnya. Hal ini bisa menjadi sebuah inovasi atau terobosan yang baru dalam gaya mengajar pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan menyeramkan. Sense of humor memiliki beberapa bentuk dalam penerapannya, dapat secara fisik melalui gestur tubuh, mimik muka dan pembawaan diri yang humoris serta secara psikis dan mental dengan cara membangun hubungan, komunikasi, interaksi serta keterlibatan guru di dalam pengalaman pembelajaran siswa. Penerapan sense of humor di dalam pembelajaran menyesuaikan waktu dan kondisi pada tahapan pembelajaran. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sense of humor serta penerapannya dapat menjadi inovasi dalam taktik mengajar matematika Guru X di SMA Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus serta data yang dihasilkan berasal dari sumber data utama dan sumber data pendukung.
Kata kunci: Sense of humor, matematika, inovasi dan taktik mengajar

Published
2024-06-04
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 0