Implementasi kurikulum merdeka belajar : studi peranan guru dalam pembelajaran pada materi projek penguatan profil pelajar pancasila kelas x di sekolah smk negeri 1 kalitengah lamongan

  • Dyana Wuwun Hidayatun Khasanah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Alim Sumarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Kurikulum merdeka merupakan konsep Pendidikan di Indonesia yang menekankan kebebasan dan fleksibilitas. Yang bertujuan untuk memberdayakan sekolah dan pendidik untuk menyesuaikan program Pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Kalitengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan penelitian terdiri dari guru-guru di SMK Negeri 1 Kalitengah. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka. Guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran yang memahami kebutuhan dan minat siswa serta mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang relevan dan bermakna. Mereka juga berperan dalam mengadaptasi kurikulum sesuai dengan konteks lokal dan karakteristik siswa. Selain itu, guru juga berperan dalam mengembangkan keterampilan siswa seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Kata kunci : Kurikulum merdeka, peran guru

Published
2024-06-04
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 4