Pengembangan Media E-Modul Dengan Pendekatan CIRC Pada Materi Descriptive Text Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 1 Sampang

  • Muhammad Rizahdi Tariq Firdausi Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Fajar Arianto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui kelayakan dari penggunaan E-Modul dengan pendekatan CIRC pada materi Descriptive Text mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas X SMA Negeri 1 Sampang; (2) Mengetahui keefektifan dari pengaplikasian modul dengan pendekatan CIRC pada materi Descriptive Text mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas X SMA Negeri 1 Sampang. E-Modul ini dikembangkan menggunakan model D-DDE. Penelitian melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen (X Merdeka 5) dan kelas kontrol (X Merdeka 7) di SMAN 1 Sampang. Kelayakan media diukur menggunakan angket skala Likert dan uji coba terhadap siswa, sedangkan keefektifan media diukur dengan uji T. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa E-Modul ini cukup baik. Dari segi materi, E-Modul mendapat nilai 97.78% dari ahli materi, 100% dari ahli media, dan 97.5% dari ahli desain pembelajaran. Uji kelayakan melalui angket menunjukkan hasil 98.67% untuk uji perorangan, 97% untuk uji kelompok kecil, dan 97.47% untuk uji kelompok besar.
Kata Kunci: Pengembangan, Komik, ADDIE

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0