KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (CRITICAL THINKING SKILL OF STUDENT SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA ON REACTION RATES TOPIC BY IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODELS)

  • YUNY FAIDLUL ILAAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI-MIA SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya pada materi laju reaksi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan rancangan “One Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini adalah siswa 1 kelas XI-MIA SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Instrumen penelitian berupa lembar tes keterampilan berpikir kritis dan tes produk. Hasil penelitian menunjukkan hampir semua siswa memiliki kriteria keterampilan berpikir kritis tinggi. Hal ini dibuktikan sebanyak 94,87% siswa memiliki keterampilan mengajukan pertanyaan, menganalisis asumsi, dan menguji fakta dengan kriteria tinggi serta 100% siswa memiliki keterampilan mempertimbangkan interpretasi dengan kriteria tinggi. Pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan efektif karena terjadi peningkatan n-gain score keterampilan berpikir kritis siswa dengan kriteria cukup dan tinggi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi

The aim of this research is to know student’s critical thinking skill after implementation of inquiry learning model on reaction rates topics. The type of this research is descriptive quantitative with “One-Group Pretest-Posttest Design” The subject of this research was one class XI–MIA student’s of SMA Kemala Bhayangkari 1  Surabaya. The instruments that used was sheet of critical thinking skill and cognitive product test. The result of this research showed that the common student’s was high critical thinking skill. This proofed was 94.87% high category of question present; assumption analyze; and fact experiment and 100% high category of interpretation. Inquiry learning are implemented effective because increase n-gain score critical thinking skill with enough and high criteria.

Keywords: Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skill, Reaction Rates

 

Published
2015-01-31
Abstract Views: 296
PDF Downloads: 349