PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK DALAM MEDIA CETAK TEKS TERPROGRAMA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI(THE DEVELOPMENT OF DIAGNOSTIK TEST IN PROGRAMMED TEXT PUBLISHED MEDIA ON REACTION RATE SUBJECT)

  • CATUR KURNIA MAHARANI

Abstract

Tes diagnostik merupakan tes yang digunakan sebagai alat untuk menemukan kesulitan belajar siswa. Pada penelitian ini dikembangkan tes diagnostik dalam media cetak teks terprograma pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa pada materi laju reaksi dengan memanfaatkan pengembangan tes diagnostik dalam media cetak teks terprograma. Tercapainya tujuan ditinjau berdasarkan jawaban dan skor siswa yang disesuaikan dengan lembar penskoran dan interpretasi tes diagnostik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D. Perangkat tes diagnostik dalam penelitian ini sudah melalui uji kelayakan yang kemudian diujicobakan kepada 14 siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Mojokerto. Hasil yang didapatkan dari skor tes diagnostik yaitu pada kemampuan pengetahuan terstruktur, 21,43% siswa memiliki kelemahan pada linguistic knowledge, 71,43% siswa memiliki kelemahan ppada schematic knowledge, 14,28% siswa memiliki kelemahan pada strategic knowledge, 85,71% siswa memiliki kelemahan pada alghoritmic knowledge. Sedangkan pada soal pemahaman konsep siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 71,43% siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan tes diagnostik dalam media cetak teks terprograma pada materi laju reaksi dapat digunakan untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa pada materi laju reaksi.

Kata Kunci: Tes Diagnostik, Media Cetak Teks Terprograma

Diagnostic test is a test which used as an instrument to find student’s difficulties. On this research, developed diagnostic test in programmed text published media on reaction rate subject. The aim is to find the student’s difficulties on reaction rate subject by using the development of diagnostic test in programmed text published media. The achievement of the aim, considered based on the answers and scores of student which adapted from the scoring and interpretation diagnostic tests. The research method which is used is R&D method. The instrument of diagnostic test in this research has passed the advisability test which later tried out to 14 students of XII IPA 4 SMAN 1 Mojokerto. Based on the score of diagnostic test can be observed the student’s ability on reaction rate subject. On the calculation problem, 21.43% students have difficulties on linguistic knowledge, 71.43% on schematic knowledge, 14.28% on strategic knowledge, 88.71% on alghoritmic knowledge, and 14.29% students have difficulties on comprehension concept problem. The result of this research indicate that the development of diagnostic test in programmed text published media on reaction rate subject can be used to find out student’s difficulty on reaction rate subject.

Keywords: Diagnostic Test, Programmed Text Published Media

Published
2015-01-31
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 82