IDENTIFIKASI LEVEL METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI PERHITUNGAN KIMIA (IDENTIFICATION OF STUDENTS' METACOGNITIVE LEVEL IN SOLVING STOICHIOMETRY PROBLEM)

  • FITARIA Sophianingtyas SOPHIANINGTYAS Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya.

Abstract

Metakognitif  berperan sebagai pengatur dan pengontrol proses-proses kognitif dalam belajar dan berpikir sehingga belajar dan berpikir yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level metakognitif siswa dalam memecahkan masalah materi perhitungan kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bojonegoro dengan subjek penelitian sebanyak  6 siswa (subjek T1, T2, S1, S2, R1, dan R2) dari kelas X-7 yang telah dikelompokkan menjadi kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif sehingga data–data berupa hasil tes essay dan transkip wawancara. Data tersebut dideskripsikan dan diuji menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah  level metakognitif pada kelompok tinggi yang terdiri dari subjek T1 dan T2 adalah reflective use, level metakognitif pada kelompok sedang yang terdiri dari subjek S1 dan S2 adalah strategic use, dan level metakognitif pada kelompok rendah yang terdiri dari subjek R1 dan R2 adalah aware use.

Kata Kunci: level metakognitif, perhitungan kimia

The role of metacognition as regulator and controller the cognitive processes in learning and thinking. It makes learning and thinking to become more effective and efficient. The purpose of this research was to describe students' metacognitive level in solving stoichiometry problems. This study was conducted at SMAN 4 Bojonegoro with to 6 students as subjects (subject T1, T2, S1, S2, R1, dan R2) of the class of X-7 that have been classified into high, medium, and low group. This research is a descriptive-qualitative so that data of test results and interview transcripts described and tested using triangulation of methode and sources.The result are level of metacognitive for high group is reflective use, level of metacognitive for medium group is strategic use, and level of metacognitive for low group is aware use.

Keywords: metacognitive levels, stoichiometry

Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 269