PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI SMAN 2 MAGETAN (IMPLEMENTATION  INQUIRY LEARNING MODEL FOR TRAINING CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENT ON ACID BASED MATTER XI GRADE OF SMA NEGERI 2 MAGETAN)

  • WINDHA HERJINDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa,  dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi asam-basa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan  adalah one-Group Pretest-Postest Design. Sasaran penelitian ini adalah satu kelas siswa kelas XI SMA Negeri 2 Magetan. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa untuk masing-masing pertemuan I, II dan III adalah 3,46 (sangat baik); 3,6 (sangat baik); dan 3,81 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa selama  pertemuan I, II, dan III, mendukung terlaksananya proses pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa; (3) Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilatihkan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pretest-postest dengan nilai gain sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Sebanyak 43% siswa mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi, sebanyak 53% siswa mengalami peningkatan dengan kriteria sedang, dan 4% siswa mengalami peningkatan dengan kriteria rendah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa

The aims of this research are to know feasibility of learning, student activity, and student’s critical thinking skill after implementation of  inquiry learning model on subject matter of acid based. The type of this research was descriptive quantitative and design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research was XI grade student’s of SMA Negeri 2 Magetan. The instruments that used in this research were observation sheet of inquiry learning model feasibility, observation sheet of student activity, and sheet test for student’s critical thinking skill. The result of this research showed that (1) The feasibility of inquiry learning model at meeting I, II and III was 3,46 (excellent); 3,6 (excellent); and 3,81 (excellent); (2) The activity of students at  meeting I, II and III can support procces inquiry learning model for training student’s critical thinking skills; (3) Student’s critical thingking skills can be trained by inquiry learning model, proven  by the value of pretest-postest with N-gain score 0,66 with standart category. About 43% of student had been increasing with high category, 53% of student had been increasing with standart category, and 4% of student had been increasing with low category.

Keywords: Inquiry Learning Model, Student’s Activity, Critical Thingking Skill, Acid Based

Published
2015-06-05
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 138