DEVELOPMENT OF THE CHARADES GAME AS A LEARNING MEDIA IN HYDROCARBON TOPIC

  • ANISAH BM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Tebak Kata sebagai media pembelajaran pada materi pokok Hidrokarbon.Kelayakan permainan Tebak Kata sebagai media pembelajaran ditinjau dari tiga aspek yaitu validitas, efektivitas, dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yaitu meneliti dan mengembangkan media pembelajaran berupa permainan Tebak Kata untuk materi hidrokarbon.Ujicobadi lakukan kepada siswa kelas XI MIA 2 SMA AL-HIKAM Bangkalan dengan menggunakan system one group pretest-posttest design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket pengumpulan data prapenelitian, lembar validasi, lembar tes hasil belajar siswa (pretest-posttest), dan lembar angket respon pengguna. Berdasarkan data hasil validasi, persentase validitas permainan Tebak Kata sebagai media pembelajaran adalah 83.80%. Efektivitas permainan Tebak Kata sebagai media pembelajaran ditinjau dari ketuntasan hasil belajar memiliki persentase ketuntasan klasikal sebesar 87.50% dan ditinjau dari peningkatan hasil belajar, memiliki persentase sebesar 91.67%. Kepraktisan permainan Tebak Kata sebagai  media pembelajaran berdasarkan data hasil angket respon siswa memiliki persentase sebesar 92.26%.Dengan demikian permainan Tebak  Kata dinyatakan layak sebagai  media pembelajaran.

Kata Kunci: PermainanTebak Kata, Hidrokarbon, Kelayakan

 

The aim of this study is to determine the feasibility of Charades game as a learning media in the Hydrocarbon topic. The feasibility of Charades game as a learning media in terms of three aspects which are the validity, the effectiveness, and the practicality.Type of this study is the Research and Development (R&D), which is researching and developing learning media in the form of Charades gamein theHydrocarbon topic. The instruments used in this study are a pre research questionnaire sheet, validation sheet, student achievement (pretest-posttest) sheet, and student response questionnaire sheet. Based on data validation, the validity percentage of Charades gameas a learning media is 83.80%. The effectiveness percentage of Charades game as a learning media in terms of classical learning outcomes completeness is 87.50% and for learning outcomes improvement is 91.67%. The practicality percentageof Charades game as a learning media based on student questionnaire responses is 92.26%. From those percentages, Charades game is proper to be used as a learning media in Hydrocarbon topic.

 Keywords: The Charades game, Hydrocarbons, Feasibility

Published
2015-06-05
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 36