PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL IN THE REACTION RATE TOPIC TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS STUDENTS XI GRADE SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG)

  • VINDHY DIAN INDAH PRATIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas siswa, dan kemampuan literasi sains siswa pada saat diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Rencana penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “ One Group Pretest Posttest Design”. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 7 SMAN 1 Gondang Tulungagung pada tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan literasi sains. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 3,7; 3,8; dan 3,8. Aktivitas siswa sudah menunjukkan kesesuaian dangan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing dan memperlihatkan bahwa siswa telah dilatihkan kemampuan literasi sains. Hasil pretest menunjukkan bahwa nilai siswa masih rendah dengan 28 siswa belum tuntas berdasarkan 3 kompetensi literasi sains yaitu (1) kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah, (2) evaluasi dan desain ilmiah, serta (3) menafsirkan data dan bukti ilmiah . Hasil posttest menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains setelah dilatihkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa sudah terlatih secara individu dan tuntas secara klasikal sebanyak 100%.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, literasi sains, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi             

The study is aimed to determine the feasibility, students activities, and the student’s ability of science literacy that was being practiced with guided inquiry learning model in factors that affect of the reaction rate sub topic. This research is descriptive quantitative experiments. Research’s plan that will be used in this research was "One group pretest posttest Design". The subjects were 32 students of class XI MIA 7 SMAN 1 Gondang Tulungagung in the 2015-2016 school year. The instrumen used in this study is the observation sheet feasibility study, observation of student activity sheets and sheets test students science literacy skills. The observation of learning feasibility result showed with excellent category that a feasibility average reach 3,7; 3,8; and 3,8. Students activities already demonstrated its suitability in the syntax guided inquiry learning model and show that students have trained the ability of science literacy. Pretest results to showed that 28 students grade is low and not yet finished completed by 3 scientific literacy competence that is (1) the competence to explain scientific phenomena,(2) evaluation and scientific design, and (3) to interpret the date and scientific evidence. Posttest results students indicate that the ability of science literacy as trained using guided inquiry learning are trained individually and a student classically considered complete as much as 100 % .

Keywords: guided inquiry, scientific literacy, the factors that affect of  reaction rate 


Published
2016-02-11
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 77