KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DI SMAN 1 MANYAR GRESIK KELAS XI (STUDENT METACOGNITIVE SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODELS ON SUBJECT MATTER OF THE RATE OF REACTION IN SMAN 1 MANYAR GRESIK XI GRADE)

  • ERY RIANA ADITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Manyar Gresik pada semester 1 tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian berlangsung selama tiga kali pertemuan. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study”. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes berupa soal berbasis keterampilan metakognitif dan angket berupa angket inventori metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan metakognitif siswa berdasarkan tes berbasis keterampilan metakognitif berturut-turut untuk planning skills 88,54; 90,63; 95,31; monitoring skills 71,88; 82,29; 84,38; dan evaluating skills 85,42; 90,10; 91,15. Hasil tersebut didukung oleh perolehan inventori metakognitif yang diberikan pada pertemuan 1, 2, dan 3 berturut-turut untuk pllaning skills 83,73; 84,54; 89,06; monitoring skills 78,05; 79,56; 80,02 dan evaluating skills 80,86; 82,29; 86,33. Secara keseluruhan, keterampilan metakognitif siswa dapat dikatakan terlatih dengan baik sekali.

Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Inkuiri Terbimbing, Laju Reaksi

This aim of this study is to know metacognitive skills student after implementation of inquiry model sat rate of reaction. The subjects were 32 students of XI grade of Science-1 SMA 1 Manyar Gresik in the 1st semesterin academic year 2015-2016. The study lasted for three meeting. This research is use “One Shot Case Study”. Data collection methods used is metacognitive skills test and metacognitive awareness inventory quentionnaire. The result showed that metacognitive skills value based on metacognitive skills of planning skills is 88,54; 90,63; 95,31 at monitoring skills 71,88; 82,29; 84,38 and evaluating skills 85,42; 90,10; 91,15. This result are supported by the achievement of metacognitive inventory given at the meeting of  1, 2and 3respectively for planning skills 83,73; 84,54; 89,06 at monitoring skills 78,05; 79,56; 80,02 and at evaluating skills 80,86; 82,29; 86,33. Generally, metacognitive skills student at very good level. 

Keywords : metacognitive skills, guided inquiry, rate of reaction

Published
2016-02-11
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 244