TRAINING OF SOFT SKILLS TO THE STUDENTS THROUGH INQUIRY LEARNING MODEL ON SALT HYDROLYSIS OF MAIN MATERIAL XI GRADE AT SMAN 1 SIDOARJO

  • FIKA Fitria FITRIA MEDIANTI Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri yang berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar dan soft skills siswa melalui model pembelajaran inkuiri pada materi pokok hidrolisis garam. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1Sidoarjo. Penelitian ini mengikuti rancangan “One Group Pretest Posttest Design” dimana sebelum pembelajaran, siswa diberi pre-test dan pada akhir pertemuan pembelajaran siswa diberi post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan soft skills siswa, serta metode tes dengan menggunakan soal yang berupa pernyataan dalam bentuk pilihan ganda yang digunakan untuk mengetahui soft skills siswa sebelum dan sesudah pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri terhadap soft skills siswa pada materi pokok hidrolisis garam telah berhasil. Persentase kriteria penilaian dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 mengalami peningkatan dari 80% menjadi 83%. Soft skills siswa yang meliputi kemampuan berkomunikasi, keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah, serta kerja dalam tim pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dikategorikan baik, karena rata-rata pada tiap aspek soft skills yang diamati mendapatkan persentase ≥ 51%. Selain itu, persentase soft skills siswa mengalami peningkatan setelah pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran inkuri yaitu kemampuan berkomunikasi dari 79,6% menjadi 89,2%; kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah dari 60% menjadi 63,7%; serta kerja dalam tim dari 60,7% menjadi 70%.

 

Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, Soft skills, Hidrolisis garam.

 

 

Abstract: The aims of this research are to find out the implementation of inquiry learning model in teaching learning process and soft skills of students through inquiry learning model on material of salt hydrolysis. The target of this research is student XI grade at SMAN 1 Sidoarjo. The design of this research is “One Group Pretest Posttest Design” in which the students are given pre-test before the learning process taking place and post-test at the end of the learning. Data collection methods are used observation method using the observation the implementation of inquiry lerning model and the students’ soft skills, are used as the instrument. The other technique is testing in the form of statement in which multiple choice tests is as the instrument. This test is used to find out students’ soft skills before and after learning using inquiry model.The result showed that implementation of learning thruogh inquiry lerning model to the students’ soft skills on main material of salt hydrolysis have been successful. Percentage criteria value of meeting 1 to 2 meetings have increase from 80% to 83%. Students’ soft skills included communication skills, critical thinking and problem solving skills, and working in teams on the implementation of teaching and lerning activities can be categorized good, because  an average in every aspect of the observed soft skills to get the percentage of ≥ 51%. In addition, the percentage of students’ soft skills has increased after the implementation of learning through inquiry learning model is the ability to communicate skills from 79,6% to 89,2%; the ability to critical thinks and solve problems skills from 60% to 63,7%; as well as working in teams from 60,7% to 70%.

Key words: Inquiry learning model, Soft skills, Salt hydrolysis.

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 28