KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 1 SUMBERREJO BOJONEGORO (STUDENTS’ SOCIAL SKILL THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD TYPE ON BUFFER SOLUTION SUBJECT AT SMAN 1 SUMBERREJO B

  • ITA ULANSARI Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro. Pada penelitian ini hanya diambil 20 siswa dari 40 siswa di kelas XI IPA 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “one-shot case study”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan dengan lembar pengamatan, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial yang meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan kerjasama dan keterampilan tanggung jawab pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dikategorikan memberikan hasil yang positif, karena rata-rata pada tiap aspek keterampilan sosial yang diamati sebanyak ≥ 60% siswa memperoleh nilai memuaskan. Berdasarkan kegiatan belajar mengajar I, II dan III keterampilan sosial siswa yang diamati semakin menunjukkan peningkatan terhadap kategori penilaian.

 

Kata kunci : Keterampilan sosial, Larutan penyangga, Pembelajaran kooperatif, STAD

 

 

Abstract

The aims of this research are to knowing about social skill of students with cooperatif learning model type of STAD on the buffer solution matteri. Subject in this research students of grade XI IPA 1 in SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro. This reseacrh taken only selected of 20 students from 40 students in grade XI IPA 1. The design in this aims using a “one-shot case study”. Method of data collection used is through observation by observation sheet and quesioner to knowing student of responses about learning activity. From data analysis result of social skill students consist of communication skill, collaboration skill and accountability skill in the implementation of teaching and learning activities can be categorized to give positive results, because the average in every aspect of social skill are observed as  ≥ 60% of students obtain satisfactory values​​. Based on the learning activities I, II and III of the social skill of students who observed the show an increase in the rating categories.

Key word : Social Skill, Buffer Solution, Cooperative Learning, STAD

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 114