PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF MAATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMAN 2 BANGKALAN (IMPLEMENTATION OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODEL BY METACOGNITIVE STRATEGI ON SUBJECT MATTER OF KOLOID IN SMAN 2 BANGKALAN)
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan keterampilan Metakognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan strategi Metakognitif pada materi koloid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian preeksperimen. Rancangan penelitian ini yaitu“One Shot Case Study” . Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-4 SMAN 2 Bangkalan pada tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 38 siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa selama 2 kali pertemuan berturut-turut adalah 89,5 % dan 97,4 %. Nilai keterampilan metakognitif siswa berdasarkan tes berbasis keterampilan metakognitif berturut-turut untuk planning skills 75.33; 91.44; monitoring skills 83.55; 88.16; dan evaluating skills 75.98; 83.55. Perolehan nilai tersebut didukung oleh perolehan angket inventori metakognitif selaa dua kali pertemuan yaitu pada pllaning skills 88.53; 93.23; monitoring skills 90.13; 94.08 dan evaluating skills 84.87; 90.53. berdasarkan nilai yang diperoleh diatas, secara klasikal keterampilan metakognitif siswa dapat terlatih dengan sangat baik.
Kata kunci: Keterampilan Metakognitif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Materi koloid.
The aims of this study are to know mastery learning outcomes and student’s metacognitive skills after implementation of Jigsaw cooperative learnig model by metacognitive strategies at subject matter colloids. Type of this Research use “One Shot Case Study”. The subjects were 38 students of XI grade of Science-4 SMAN 2 Bangkalan in the 2st semesterin academic year 2015-2016. The presentage of the student’s result study for two meeting are 89,5 % and 97,4 %. The result showed that metacognitive skills value based on metacognitive skills of planning skills is 75.33; 91.44; at monitoring skills 83.55; 88.16; and evaluating skills 75.98; 83.55.. This result are supported by the achievement of metacognitive inventory given at the meeting of 1and 2respectively for planning skills 88.53; 93.23at monitoring skills 90.13; 94.08 and at evaluating skills 84.87; 90.53. Generally, student’s metacognitive skills can practice with excellent.
Keywords : Metacognitive skills, Jigsaw cooperative learning model, koloid
PDF Downloads: 78