PENGEMBANGAN LKS STRATEGI PQ4R DENGAN PENERAPAN FILL IN SCAFFOLDING UNTUK MENGETAHUI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA (DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET PQ4R STRATEGY WITH APPLICATION OF FILL IN SCAFFOLDS ON CHEMICAL BOND SUBJECT MATTER)

  • ANJANI NUR PANJALIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan LKS strategi PQ4R dengan penerapan fill in scaffolding untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia untuk yang dikembangkan. LKS  dikatakan layak jika memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan modifikasi model 4-D terbatas pada define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi, prestest dan posttest, lembar respon peserta didik, serta lembar observasi aktivitas peserta didik. LKS ini diuji cobakan kepada 15 peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Krian Sidoarjo. Kriteria kevalidan diketahui dari hasil validasi tiga LKS masing-masing sebesar 85,74%; 86,03%; dan 85,37%. Kriteria kepraktisan diketahui dari hasil respon peserta didik terhadap LKS yang menunjukkan hasil positif yaitu sebesar 88,57% dan didukung dengan data aktivitas peserta didik selama ujicoba. Sementara kriteria keefektifan ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan individu dan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS strategi PQ4R dengan penerapan fill in scaffolding untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dinyatakan layak digunakan.

Kata Kunci: LKS, PQ4R, scaffolding, fill in the blank, ikatan kimia

 

The aim of this study is to know and describe the feasibility of student worksheet PQ4R strategy with application of fill in scaffolding to know the students’ activities and students’ learning outcome on chemical bond subject matter. The worksheet is feasible if satisfy validity, practicality, and effectiveness criteria.. The type of this study was development by using modified 4-D model limited to define, design, and develop. The instruments of this study used were review sheet, validation sheet, pretest and posttest, students’ response sheet, and observation of student’s activity sheet. The worksheet was tested to 15 students of XI class SMAN 1 Krian Sidoarjo. Validity criterion was shown from validation result of three worksheet developed, each 85,74%; 86,03%; and 85,37%. Practicality criterion was shown from student’s response result which was positive response, was 88,57% and supported by students’ activities date while testing.  While effectiveness criterion was shown by students’ outcome both individual and classical which reached 100%. According to result of research, could be concluded that student worksheet PQ4R strategy with application of fill in scaffolding to know the students’ activities and students’ learning outcome on chemical bond subject matter which developed was feasible to be used. 

Keywords: Worksheet, PQ4R, scaffolding, fill in the blank, chemical bond

Published
2016-10-07
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 57