PENGEMBANGAN MEDIA CHEMIC (CHEMISTRY COMIC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA KELAS X SMA (DEVELOPMENT CHEMIC (CHEMISTRY COMIC) AS A LEARNING MEDIA IN CHEMICAL BONDING TOPIC FOR GRADE X HIGH SCHOOLSTUDENT)

  • Hikmatul Fawaidah

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk mengetahui kelayakanmedia Chemic yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Surabaya dan di uji coba secara terbatas kepada 12 siswa di kelas X MIA 5. Kelayakan dari media Chemic ini dilihat dari aspek validitas, efektivitas, dan kepraktisan. Validitas didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, efektivitas didapatkan dari hasil belajar siswa, serta kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon siswa selama menggunakan media Chemic. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media Chemic yang dikembangkan layak digunakan, dibuktikan dengan data hasil validasi yang ditinjau dari kriteria isi, bahasa dan penyajian berturut-turut memperoleh persentase sebesar 83,3%; 84%; dan 86,7% termasuk dalam kategori sangat layak; aspek efektivitas ditinjau dari hasil ketuntasan belajar siswa memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak dan peningkatan hasil belajar sebanyak 75% siswa memperoleh nilai gain sebesar 0,3-0,7 dengan kategori sedang dan 25% siswa memperoleh nilai gain ≥0,7 dengan kategori tinggi; dan aspek kepraktisan media Chemic ditinjau berdasarkan kriteria isi, bahasa, dan penyajian yang berturut-turut memperoleh persentase sebesar 97,9%, 96,6%, dan 97,2% termasuk dalam kategori sangat layak.

Kata Kunci: Media Chemic; Ikatan Kimia

 

Aim of this research is to describe the feasibility of media Chemic that have been developed as learning media in chemical bonding topic for tenth grade of high school. Research conducted in SMAN 12 Surabaya and experimentally limited  to twelve students of tenth grade MIA 5 class. Feasibility of the media determined by validity aspec, effectiveness aspec and practicality aspec. The validity obtained from lecturers and teacher validation results,effectiveness obtained from student learning result, practicality obtained from students questionnaire responses. Result of research show that Chemic media that have been developed is fit to use, proved by validation data obtained from criteria of content, language and display got percentage 83,3%; 84%;and 86,7% which was included very feasible category. Evectiveness aspec obtained from student learning result got average percentage 91,7 % and improvement student learning result 75% students got gain scrore 0,3-0,7 with medium category and 25% students got gain score ≥0,7 with high category.Practicality of Chemic media based on content, language, and display aspecs gained percentage by 97,9 %; 96,6 % and 97,2% whhich was included very feasible category.

Keywords:  Chemic media; Chemical bonding

Published
2016-10-07
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 429