DEVELOPMENT OF VIDEO BASED MEDIA FOR STUDENTS GRADE XII ON ELEMENTS MATTER

  • ANDINA SURYANING TYAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media berbasis video yang dikembangkan pada materi pokok kimia unsurMedia layak digunakan jika  memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research). Prosedur dalam penelitian ini mengacu pada desain R&D oleh Borg and Gall yang dilakukan hanya sebatas pada tahap uji coba awal kepada 12 siswa kelas XI MIA SMAN 1 Puri Mojokerto. Media ini dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kimia unsur. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah, lembar validasi, lembar respon siswa, pretest dn posttest. Kriteria kevalidan diperoleh dari hasil validasi sebesar  94,05% termasuk dalam kategori sangat valid. Kriteria keefektifan ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan N-gain dalam kategori sedang sebesar  75% siswa dan 25% siswa dalam kategori tinggi. Sedangkan riteria kepraktisan diperoleh dari hasil respon siswa sebesar 93,16% siswa memberikan respon positif sehingga termasuk dalam kategori sangan praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bawah media video demonstrasi kimia layak digunakan sebagi media pembelajaran dalam materi kimia unsur.

Kata Kunci: media berbasis video, R&D, demonstrasi kimia, kimia unsur,

This study aims are to determine the feasibility of video based media which developed as instructional media on chemical elements. This type of research is developmental research. The procedures in this study refers to R & D Gall design that carried out only restricted to preliminary field test to 12 students of XI class SMAN 1 Puri Mojokerto. Media is feasible if satisfy at validity, practically, and effectiveness criterions. The instruments used of this study are review sheet, validation sheet, studenst response sheet, pretest and posttest. Validation criteria shown by validation result is 94,05% include in the category very valid.. Efectiveness criteria shown by an increase in learning outcomes of studentsis, with N-gain in the moderate category is 75 % and 25 % is in the high category. While Practically criteria shown by student’s response result is 93,16% students which are positive response and included in the category very prctical. Based on these result, it can be concluded that media video demonstration of chemistry which developed is feasible to be used as instructional media on chemical elements.

Keywords: video based media, R&D, demonstration of chemistry, chemical elements.

Published
2016-10-26
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 25