DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25pAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi laju reaksi di kelas XI SMAN 1 Taman. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2016-2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E, lembar aktivitas siswa, lembar posttest keterampilan generik sains, dan angket respon siswa. Rancangan penelitian ini adalah “One Shoot Case Study”. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada empat pertemuan termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Hasil keterampilan generik sains siswa pada empat pertemuan memperoleh kriteria baik dan sangat baik yaitu hukum sebab akibat sebesar 2,07; 3,19; 3,37; 3,52, dan membangun konsep sebesar 2,85; 3,30; 3,48; 3,56. Respon siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 7E yaitu sebanyak 97,22% yang menyatakan bahwa rasa ingin tahu siswa terhadap materi meningkat, 94,44% menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran menyenangkan, 88,89% menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang memudahkan dalam memahami materi, 83,33% menyatakan soal-soal pada LKS membantu dalam memahami materi, 91,67% siswa menyatakan mudah memahami konsep yang dipelajari, dan 88,89% menyatakan bahwa model pembelajaran tersebut membantu dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Generik Sains, Hukum Sebab Akibat, Membangun Konsep, Respon Siswa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

