KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING (CRITICAL THINKING SKILLS IN THE MATTER OF SALT HYDROLYSIS SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK THROUGH APPLICATION PROBLEM POSING LEARNING MODEL)

  • ENDANG NUR MEGAWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest Posttest.Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan pada pretest keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi dari nilai 1-100 berturut-turut adalah 5,13; 8,42; 2,11; dan 0,39. Sementara itu, untuk nilai posttest keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi dari nilai 1-100 berturut-turut adalah 96,05; 91,05; 78,68; dan 73,16. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga didukung oleh N-gain score rata-rata posttest secara klasikal sebesar 0,84 yang masuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Problem Posing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam

Published
2017-07-13
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 44