KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING (CRITICAL THINKING SKILLS IN THE MATTER OF SALT HYDROLYSIS SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK THROUGH APPLICATION PROBLEM POSING LEARNING MODEL)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25pAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest Posttest.Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan pada pretest keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi dari nilai 1-100 berturut-turut adalah 5,13; 8,42; 2,11; dan 0,39. Sementara itu, untuk nilai posttest keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi dari nilai 1-100 berturut-turut adalah 96,05; 91,05; 78,68; dan 73,16. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga didukung oleh N-gain score rata-rata posttest secara klasikal sebesar 0,84 yang masuk dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: Problem Posing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 40
,
PDF Downloads: 54









