PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI KOLOID UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v7n1.p%25pKeywords:
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Koloid, keterampilan literasi sainsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kelayakan LKPD materi koloid untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang terdiri dari 3 tahap utama yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian dan pengembangan. Tahap studi pendahuluan mulai dari identifikasi masalah dilanjutkan pengumpulan data. Tahap perencanaan dilakukan pencarian data sebagai bahan untuk desain produk Lembar Kegiatan Peserta Didik. Tahap pengembangan terdiri atas desain produk, telaah, revisi, validasi dan uji coba terbatas. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas mendapatkan hasil penilaian validator sebesar 87,61% dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan dari aspek kepraktisan berdasarkan respon peserta didik yang memperoleh respon positif sebesar 99,12% dengan interpretasi sangat praktis dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD materi koloid untuk melatihkan keterampilan literasi sains diperoleh rata-rata total presentase sebesar 95% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari hasil ters keterampilan literasi sains peserta didik mendapatkan nilai gain 0,93 dengan interpretasi tinggi dan ketuntasan peserta didik sebesar 100%.
Downloads
References
Lampiran Permendikbud. 2016. Permendikbud RI No 20 Th 2016 Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
OECD. 2016. PISA 2015 result in focus.OECD Publishing.
Zuriyani, E. (2012). Literasi Sains dan Pendidikan. [online]. Tersedia: http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf(17 Juli 2017).
Vienurillah, N dan Dwiningsih, Kusumawati. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKS) berorientasi Literasi sainsnpada submateri faktor-faktor yang mempengruhi laju reaksi. Unesa Journalof Chemical Education. Vol.5 No.2 pp 258-263,May 2016.
Pratika, VDI dan Muchlis. 2016. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. Unesa Journal Of Chemical Education. Vol.5 No.1.pp.9-18.Januari 2016.
Larasati, A D P dan Mitarlis. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Laju Reaksi Bagi Siswa kelas XI SMAN 12 Surabaya. Unesa Journal Of Chemical Education.Vol.6 No.1 pp.35-42. Januari 2017.
Sugiyono. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Nieveen, N1999. Prototyping to Reach Product Quality from Design Approach and Tools in Education Training. http://link.springer.com. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2017.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 UNESA Journal of Chemical Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 71
,
PDF Downloads: 122









