DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v7n1.p%25pAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kelayakan LKPD materi koloid untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang terdiri dari 3 tahap utama yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian dan pengembangan. Tahap studi pendahuluan mulai dari identifikasi masalah dilanjutkan pengumpulan data. Tahap perencanaan dilakukan pencarian data sebagai bahan untuk desain produk Lembar Kegiatan Peserta Didik. Tahap pengembangan terdiri atas desain produk, telaah, revisi, validasi dan uji coba terbatas. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas mendapatkan hasil penilaian validator sebesar 87,61% dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan dari aspek kepraktisan berdasarkan respon peserta didik yang memperoleh respon positif sebesar 99,12% dengan interpretasi sangat praktis dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD materi koloid untuk melatihkan keterampilan literasi sains diperoleh rata-rata total presentase sebesar 95% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari hasil ters keterampilan literasi sains peserta didik mendapatkan nilai gain 0,93 dengan interpretasi tinggi dan ketuntasan peserta didik sebesar 100%.
Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Koloid, keterampilan literasi sains
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

