Pengembangan Unit Kegiatan Belajar (UKB) Berorientasi Literasi Sains pada Materi Hidrokarbon

  • EKA SYAWALLINUR ROHMAH

Abstract

Abstrak

Pembelajaran kimia sesuai kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembudayaan literasi sains dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Unit Kegiatan Belajar (UKB) yang dikembangkan pada penelitian ini berorientasi literasi sains pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan validitas UKB ditinjau dari segi isi dan konstruk (penyajian dan kebahasaan), kepraktisan UKB, serta keefektifan UKB. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain R&D yang dibatasi pada tahap uji coba produk terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar telaah dan lembar validasi, lembar pretest-posttest, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi aktivitas peserta didik. UKB diujicobakan kepada 15 peserta didik kelas XI IPA 2 MA Negeri 2 Gresik. Hasil validasi UKB telah memenuhi kriteria valid ditinjau dari kriteria isi dengan rentang sebesar 62,96%-91,67% dan kriteria konstruk 74,07%-94,44%. Hasil kepraktisan UKB ditunjukkan oleh hasil respon peserta didik dengan rentang sebesar 86,67%-100% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan UKB ditunjukkan oleh hasil tes kognitif dengan skor N-gain tinggi dan ketuntasan peserta didik sebesar 100%.

Kata kunci: Unit Kegiatan Belajar (UKB), literasi sains, hidrokarbon

Abstract

Chemistry learning according to the 2013 curriculum emphasizes student centered learning, scientific literacy, and the strengthening of character education. Unit of learning activities in this research is scientific literacy oriented on hydrocarbon material. The purpose of this research is to describe the feasibility of Unit of learning activities in terms of content and construct (presentation and language), to describe practicality and effectiveness of the Unit of learning activities. This type of research uses R & D which was limited until limited trials of product. The instruments used are the review and validation sheets, the pretest-posttest sheets, the learner response sheets, and the activity observation sheet of the learners. The Unit of learning activities was tested to 15 students of XI IPA 2 from MAN 2 Gresik. The validation results have met the valid criteria from content criteria with a range of 62,96%-91,67% and The construct criteria with a range of 74,07%-94,44%. The practices result from response results are respectively obtaining percentages of 86,67%-100% with practice criteria. The effectiveness result from cognitive test with high N-gain and mastery of students learning outcomes 100%.

Keywords: The Unit of learning activities, scientific literacy, hydrocarbon

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 295
PDF Downloads: 571