PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSAL PADA MATERI ASAM BASA

  • PUTRI WIJAYANTI RUKHMANA
  • ISMONO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi peserta didik, dan respon peserta didik. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Bangsal. Rancangan penelitian ini menggunakan desain one grouppretest-postest. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada pertemuan 1 hingga 3 secara berturut-turut sebesar 91,67%; 93,75%; 95,83%. (2) persentase aktivitas pada pertemuan ke 1 hingga 3 secara berturut-turut sebesar 93,33%; 95%; 98,34%. (3) pesentase kuantitas bertanya peserta didik pada pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar 39,40%; 48,48%; 66,67%. Kuantitas berpendapat berturut-turut sebesar 60,60%; 63,64%; 78,79%. Kualitas bertanya peserta didik pada pertemuan 1 hingga 3 dengan predikat sangat kurang berturut-turut sebesar 60,60%; 51,51%; 33,33%; pedikat kurang berturut-turut sebesar 39,40%, 30,30%, 45,45%; predikat cukup sebesar 0,00% setiap pertemuan; predikat baik berturut-turut sebesar 0,00%; 18,19%; 21,22%; dan predikat baik sekali sebesar 0,00% setiap pertemuan. Kualitas berpendapat peserta didik pada pertemuan 1 hingga 3 dengan predikat sangat kurang berturut-turut sebesar39,40%; 42,43%; 18,18%; pedikat kurang berturut-turut sebesar 6,06%; 9,09%; 30,31%.; predikat cukup berturut-turut sebesar 15,15%; 9,09%; 18,18%; predikat baik berturut-turut sebesar 27,27%, 33,33%; 33,33%; dan predikat baik sekali brturut-turut sebesar 12,12%, 6,06%; 0.00% (4) respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS termauk dalam kategori sangat baik yang dibuktikan dengan persentase respon positif sebesar 96,36%.

Kata kunci: Kooperatif Tipe TSTS, Keterampilan Komunikasi, Asam Basa.

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of cooperative learning model type two stay two stray, the activities of learners, communication skills of learners, and the response of learners. Subjects used in this study were students of class XI MIA 4 SMA Negeri 1 Bangsal. The design of this study used a pretest-postest one group design. Methods of data collection is done by observation method. The results showed that (1) Percentage of implementation of cooperative learning model type TSTS at meetings 1 to 3 respectively of 91.67%; 93.75%; 95.83%. (2) the percentage of activities at the 1st to 3rd consecutive meetings of 93.33%; 95%; 98.34%. (3) percentage of quantity asks learners at 1 to 3 consecutive meetings of 39.40%; 48.48%; 66.67%. Quantity argued consecutively for 60.60%; 63.64%; 78.79%. Quality asks learners at meetings 1 to 3 with a very less consecutive score of 60.60%; 51.51%; 33.33%; less consecutive less than 39.40%, 30.30%, 45.45%; predicate is enough at 0.00% of each meeting; a good predicate of 0.00%; 18.19%; 21.22%; and a very good predicate of 0.00% of each meeting. Quality argues learners at meetings 1 to 3 with a very less predicate less than 39.40%; 42.43%; 18.18%; less than 6.06%; 9.09%; 30.31%; the predicate is 15.15%; 9.09%; 18.18%; good predicate was 27,27%, 33,33%; 33.33%; and excellent predicate of 12,12%, 6,06%; 0.00% (4) the response of learners to the application of cooperative learning model type TSTS termauk in very good category as evidenced by the percentage of positive response of 96.36%.

Keywords: cooperative type TSTS, Communication Skills, Acid Bases.

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 23