IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERORIENTASI EDUTAINMENT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA PADA MATERI ASAM BASA

  • DWI PUTRI FITRIYATUL MAGHFIROH
  • ISMONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi peserta didik, meliputi kuantitas serta kualitas berpendapat dan bertanya. Subjek penelitian ini adalah 41 peserta didik kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 12 Surabaya menggunakan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest dengan metode observasi untuk pengumpulan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas, keterampilan komunikasi, serta respon siswa. Hasil penelitian didapatkan data sebagai berikut : Pada pertemuan 1 sampai 3, kuantitas keterampilan berpendapat berturut-turut yaitu 43,09%; 68,29%; dan 78,05%, sedangkan kuantitas bertanya sebesar 51,22%; 68,29%; dan 29,27%. Kualitas keterampilan berpendapat dengan predikat kurang baik sebesar 51,22%; 36,59%, dan 21,95%, predikat cukup baik berturut-turut 39,02%; 51,19%; dan 58,54%, predikat baik 7,32%; 4,90%, dan 14,63%, serta predikat sangat baik sebesar 2,44%; 7,32%; dan 4,88%. Sedangkan kualitas keterampilan bertanya dengan predikat kurang baik sebesar 51,22%; 34,15%, dan 70,73%, predikat cukup baik berturut-turut 48,78%; 58,53%; dan 21,95%, predikat baik 0,00%; 7,32%, dan 7,32%, serta predikat sangat baik sebesar 0,00%; 0,00%; dan 0,00%. Diperoleh hasil belajar dengan N-gain rata-rata sebesar 0,54 dengan kriteria sedang.

Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Asam Basa

Abstract

This study is a quantitative descriptive research that aims to train communication skills, include speech and asked the students.The subject of this study is 41 students of class XI students of Sain-1 SMA Negeri 12 Surabaya with research design used One-Group Pretest-Posttest with observation method for data collection. The instruments used in this study isfeasibilyty observation sheets, observation of student activity sheets, observations of communication skills, and sheets response students. The results of the research were obtained as follows:At meeting 1 to 3, the quantity of students argued in a row by 43,09%; 68,29%; and 78,05%, while the quarity asked sequentially 51,22%; 68,29%; and 29,27%. The quality of the students argues with less good predicate by 51,22%; 34,15%, and 70,73%, fairly well predicate in a row by 48,78%; 58,53%; and 21,95%, good predicate 0,00%; 7,32%, and 7,32%, and a very good predicate of 0,00%; 0,00%; and 0,00%. Diperoleh hasil belajar dengan N-gain rata-rata sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Obtained learning result with an average N-gain of 0,54 with medium criteria.

Keywords : Communication Skills, NHT Cooperative Learning, Acid Base
Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 27