Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains pada Materi Larutan Penyangga

  • ALIVIA CHOLIDIANY
  • KUSUMAWATI DWININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi literasi sains pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode 4-D (Define, Design, Develop, Diseminate), namun pada penelitian ini sampai tahap pengembangan (Develop). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dikatakan valid, ditinjau dari validitas isi dan konstruk. Validitas isi memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100%, dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Validias konstruk memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100% dengan interpretasi valid hingga sangat valid, serta validitas konstruk terdiri dari aspek kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Aspek kebahasaan memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 93,33% dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Aspek penyajian memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid. Aspek kegrafisan memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid.Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), literasi sains, larutan penyangga


Abstract

The study aims to describe the validity of Students’ Worksheet oriented science literacy in buffer solution material. The method of this study uses 4-D development model (Define, Design, Develop, Diseminate). But in this study limited to Development steps. The feasibility of this Students’ Worksheet is seen from validation result, based on contents validity and construct validity. The Content validity is about 80% until 100% in a feasible interpretation until very feasible interpretation, and the construct validity is about 80% until 100% in a feasible interpretation until very feasible interpretation. The construct validity aspects is seen from linguistic criteria, presentation criteria, and graffiti criteria. The linguistic criteria get 80% until 93,33% with feasible interpretation until very feasible interpretation. The presentation criteria get 93,33% until 100% with very feasible interpretation. The graffiti criteria get 93,33% until 100% with very feasible interpretation.

Keywords: Students’ Worksheet, science literacy, buffer solution
Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 191