Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Bangkalan

  • AVIVAH LUTFIANA
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan yakni pre-experimental design dengan rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Sasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Bangkalan dengan jumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan lembar soal tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada pertemuan 1, 2, dan 3memperoleh hasil keterlaksanaan secaraberturut-turut sebesar 92%; 95,81%; 97,55% dengan kriteria sangat baik. (2)Adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke postest peserta didik pada tiap-tiap komponen keterampilan proses sains. Nilai rata-rata posttest masing-masing komponen keterampilan proses sains tersebut antara lain mengamati, pembuatan hipotesis, perencanaan percobaan, interpretasi data, klasifikasi, penyusunan kesimpulan sebesar 82,64; 82,64; 81,60; 97,22;80,21; 75,00.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa Abstract The aim of this research is to determine implementation of learning and students science process skills. The research uses application of guided inquiry model on acid base materials. This type of research is a pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The subject of this research was XI Sciens in SMA Negeri 4 Bangkalan with the number 32 student. The instruments that used in this study were observation sheet of guided inquiry model feasibility and sheet of science process skilltest. The results showed that: (1) At meetings 1, 2, and 3 obtained the results of the implementation by 92% in a row; 95,81%; 97.55% with very good criteria. (2) There is an increase in the average from pretest to posttest value of learners on each component of the science process skills. The average posttest value of each component of the science process skill includes observing, hypothesis making, experimental planning, data interpretation, classification, compilation of conclusions of 82.64; 82,64; 81.60; 97.22; 80.21; 75.00. Keyword: Guided Inquiry Learning Model, Science Process Skills, Acid Base

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 56