PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

  • RIZKA TASWIYATUL AINI
  • ISMONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada materi Asam Basa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian tes hasil belajar keterampilan proses sains dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 97,22%; 100%; 100%. (2) Aktivitas siswa yang paling dominan adalah memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan, dan menyampaikan pendapat. (3) Hasil Belajar keterampilan proses sains mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan dibuktikan dengan skor <g> pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga sebesar 0,59; 0,68, dan 0,90 dengan kriteria sedang dan tinggi. (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat baik dan dibuktikan dengan perolehan persentase 91,43% dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini efektif untuk menarik minat belajar siswa dan 97,14% mudah memahami materi dengan melatihkan keterampilan proses sains pada materi asam basa.

Kata kunci : Kooperatif STAD, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa

Abstract This study a goal determine students science process skills after applied coperative learning model type STAD (Student Team Achievement Division) on Acid Base. The subject is XI IPA 7 grade students at SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Type of research is descriptive quantitative with One Group Pretest-Posttest Design. Research instrumens used observation sheet of cooperative learning model STAD, student activity observation sheets, test score sheet result of learning process skills and student questionnaire response sheets. The result of the research include: (1) Implementation syntax of cooperative learning model type STAD at the first meeting until the third meeting earn very good criteria with average scor 97,22%; 100%; 100%. (2) Student activity the most dominant is observe teacher explanation and to express an opinion. (3) Result of learning process skills increased on each meeting as evidenced by the score <g> at the first meeting until the third meeting amount 0,59; 0,68, and 0,90 with medium and high criteria. (4) Student response to implementation cooperative learning model type STAD very good and evidencd by the acquisition of a percentage 91,43% with cooperative learning type STAD is effective to attract student learning interest and 97,14% easy to understand the material by trained the science process skills on acid base material.Keyword: Cooperatif STAD, Science Process Skills, Acid Base


Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 49