PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK ASAM BASA

  • NADIA SEPRENA DEVI
  • ISMONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah setelah diterapkanya model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok asam basa. Dengan subjek penelitian yang digunakan sebanyak 35 siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Design penelitian ini menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian keterampilan pemecahan masalah, dan lembar angket respon siswa. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga memperoleh hasil kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 82,95%; 94%; 96%. (2) Aktivitas siswa yang paling dominan adalah aktivitas aktif berpendapat dan aktivitas dalam memecahkan masalah sehingga memperoleh presentase lebih besar dibandingkan aktivitas yang lainnya. (3) Hasil belajar keterampilan pemecahan masalah siswa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dibuktikan dengan skor N-gain skor 0,62 dengan kriteria sedang. (4) Respon positif siswa selama proses pembelajaran terhadap seluruh pertanyaan memperoleh presentase sebesar 90,85% dengan kriteria sangat baik.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan pemcahan masalah, asam basa.

Abstract

The purpose of this research is to know the problem solving skill after applying the problem based learning model on the basic material of acid base. With the subject of research used as many as 35 students class XI IPA 5 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. This research design is One Group Pretest-Posttest Design. The research instruments used were observation sheet of instructional model syntax, student activity observation sheet, assessment of problem solving skill, and student response questionnaire. based on the results of the research show that: (1) The implementation of problem-based learning model at the first meeting until the third meeting obtained the results of very good criteria with an average score of 82.95%; 94%; 96%. (2) the most dominant student activity is active activity of opinion and activity in solving the problem so that get percentage bigger than other activity. (3) The result of learning problem solving skill of students at each meeting has increased is proved by score <g> 0,62 with medium criterion. (4) students positive response during the learning process on all questions obtained a percentage of 90.85% with very good criteria.

Keywords : problem based learning, problem solving skill, acid base.






Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 40