Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 1 Bangkalan Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

  • NURUL LAILIY
  • RUSLY HIDAYAH

Abstract

Abstrak

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pra Eksperimen yang merupakan penelitian yang hanya menggunakan satu kelas untuk subjek penelitian tanpa ada kelas kontrol dengan pola “One Group Pretest Posttest Design. Instrumen dalam penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest hasil belajar keterampilan proses sains. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa. Hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik dinyatakan baik jika jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak ≥ 75% dengan nilai ≥ 76 sesuai dengan KKM yang ada di SMAN 1 Bangkalan, dengan nilai keterampilan proses untuk komponen mengamati untuk mengidentifikasi masalah, menyusun hipotesis, merencanakan percobaan, menginterpretasikan data dalam tabel, menginterpretasikan dan menganalisis data, dan membuat kesimpulan secara berturut-turut sebesar 88,88; 76,38; 80,56; 88,89; dan 77,08. Perolehan hasil nilai tersebut didukung oleh nilai N-gain meliputi mengamati untuk mengidentifikasi masalah sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi, menyusun hipotesis sebesar 0,4 dengan kriteria sedang, merencanakan percobaan sebesar 0,6 dengan kriteria sedang, menginterpretasikan data dalam tabel sebesar 0,8 dengan kriteria sangat tinggi, menginterpretasikan dan menganalisis data 0,8 dengan kriteria sangat tinggi, serta membuat kesimpulan sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan proses peserta didik pada materi asam basa kelas XI.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, dan asam basa.


Abstract

The research programme that was used is the Pre Experiments research that only uses one class to be used as research subjects without control class with the pattern of "One Group Pretest Posttest Design. The instrument used is a matter of pretest and posttest results learning process of science skills. The purpose of the study to find out the results of learning science process skills learners on acid base material. The results of the process of science skills learners stated well if the number of learners who achieve classical as much as 75% with a value of ≥ 76 in accordance with KKM in SMAN 1 Bangkalan, with values for process skills observing components to identify the problem, devise hypotheses, planning the experiment, interpret the data in the chart, interpret and analyze the data, and making the conclusion respectively amounted to 88.88; 76.38; 80.56; 88.89; and 77.08. The result is also supported by the acquisition of the value N-gain include observed to identify problems of 0.8 high criteria, compiled a hypothesis of 0.4 criteria are, plan an experiment of 0.6 with criteria are, interpret the data in the table of 0.8 with very high criteria, interpret and analyze data 0.8 with the criteria is very high, as well as making the conclusion of 0.6 with criteria are. Based on the results of the research of the can be said that the application of the model of guided inquiry can to trace science process skills on acid base material class XI.

Keywords: Model of guided inquiry, science process skills, and acid base.







Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 88