PENGEMBANGAN PERMAINAN STRAT ADVENTURE BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA SMA

  • ELSADAY AJENG EKA PRAVITA

Abstract

Abstrak
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan permainan StrAt Adventure berbasis komputer sebagai media pembelajaran struktur atom untuk siswa SMA. Kelayakan dari permainan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) yang telah dimodifikasi sampai pada uji coba permainan. Aspek validitas diperoleh dari hasil penilaian validasi oleh validator yang terdiri dari dua dosen kimia dan satu guru mata pelajaran kimia. Hasil validasi isi mendapatkan persentase dalam rentang 81%-100% dan validasi konstruk mendapatkan persentase dalam rentang 61%-80% dan 81%-100% termasuk pada kriteria valid dan sangat valid. Aspek kepraktisan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 100% termasuk pada kriteria sangat praktis dan hasil angket respon siswa dan memperoleh persentase sebesar 87,5%, 85%, dan 82,22% termasuk pada kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa memperoleh sebesar 100%. Berdasarkan hasil dari penelitian maka permainan StrAt Adventure layak digunakan sebagai media pembelajaran struktur atom untuk siswa SMA.
Kata Kunci : Permainan StrAt Adventure, Media Pembelajaran, Struktur Atom.
Abstract
This study aims to develop a computer-based StrAt Adventure game as an atomic structure learning media for high school students. The feasibility of the game in terms of validity, practicality, and effectiveness. This study uses the design development model type of research used is R&D (Research and Development) that has been modified at the trial game. The validity aspect is obtained from the results of the validation assessment by the validator consisting of two chemistry lecturers and one chemistry subject teacher. The content validation results get a percentage in the range of 81% -100% and construct validation get the percentage in the range 61% -80% and 81% -100% included in the criteria valid and very valid. The practical aspects obtained from the observations of student activities at 100% included in the criteria are very practical and results of student questionnaire responses and obtained a percentage of 87.5%, 85%, and 82,22% included in the very practical criteria. The effectiveness aspects obtained from student learning outcomes obtained at 100%. Based on the results of the resesarch conducted, the game StrAt Adventure is worthy of being used as an atomic structure learning media for high school students.
Keywords: StrAt Adventure Game, Learning Media, Atomic Structure.
Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 243