PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI DI MAN 1 SIDOARJO

  • RIZKI PUTRI CHAIRANI
  • MUCHLIS

Abstract

Penelitiani ini ibertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, dan ikemampuan berpikir kritis ipeserta ididik dengan imenggunakan model ipembelajaran berbasis masalahi pada imateri larutan penyagga.piMetode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu oneigroup pretesti posttesti design pada kelas XI MIA 7 MAN 1 Sidoarjo dengan jumlah ipeserta didik 139, penelitian dilakukan selama tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan tes. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut: (1) observasi keterlaksanaan pada 3 ipertemuan memperoleh rata-rata 3,46, 3,54, dan 3,69 dengan kategori sangat baik. (2) observasi aktivitas peserta didik yang relevan pada pertemuan I adalah 89,21%, pada pertemuan II adalah i95,02%, dan pada pertemuan III adalah 100% (3) tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai rata-rata sebagai berikut pretest interpretasi sebesar 2,93, analisis sebesar 1,64, dan inferensi sebesar 1,02, pada saat posttest interpretasi sebesar 4,33, analisis sebesar 3,20, dan inferensi sebesar 1,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 7 MAN 1 Sidoarjo.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan berpikir kritis, Larutan penyangga.

This istudy aims to describe the learnig iactivity, student activity, and critical thinking skills of ilearners using a problem-based learning model on the material of the buffer solution. The method used in this study is one group pretest posttest design in class XI MIA 7 MAN 1 Sidoarjo with 39 students, the research was conducted during three meetings. Data collection methods used were observation and itest methods. The results of the study were shown as follows: (1) observation of the implementation at 3 meetings obtained an average of 3.46, 3.54, and 3.69 with very good category. (2) observation of the relevant learner activity at meeting I was 89,21%, at meeting II was 95,02%, and at meeting III was 100% (3) test of critical thinking ability of learners with the mean value as follows pretest interpretation of 2.93, analysis of 1.64, and inference of 1.02, at posttest interpretation of 4.33, analysis of 3.20, and inference of 1.25. Based on these results can be concluded that the problem-based learning model can be used trined critical thinking skill of students class XI MIA 7 MAN 1 Sidoarjo.

Keywords: Problem Based Learning, Critical thinking ability, Buffer solution



Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 59