MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN UNSUR DAN SENYAWA KIMIA SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR (INCREASING THE STUDENT STUDY RESULTS AT ELEMENT AND SIMPLE CHEMICAL COMPOUND LEARNING USING MEDIA TRADITION

  • Eka Novia Hardiyanti Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi unsur dan senyawa kimia sederhana setelah menggunakan media permainan tradisional gobak sodor. Media permainan tradisional gobak sodor dimainkan secara berkelompok yang beranggotakan 4 orang. Dalam sekali permainan dibutuhkan dua kelompok yang akan bertindak sebagai kelompok penjaga dan kelompok pemain. Kelompok penjaga akan berjaga pada masing-masing garis yang terdapat pada karpet permainan sedangkan kelompok pemain berusaha melewati penjaga dengan menjawab pertanyaan yang diberikan penjaga secara benar. Sumber data yang digunakan adalah 12 orang siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Surabaya. Data diperoleh dari hasil belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (postest) menggunakan permainan tradisional gobak sodor. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 41,67% pada hasil pretest menjadi 91,67% pada hasil postest dan secara statistika terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional gobak sodor.

Kata Kunci: Permainan tradisional gobak sodor, Unsur dan senyawa kimia sederhana

The purpose of this research is knowing student’s study result improvement in element and simple chemical compound material after using gobak sodor traditional games. Gobak sodor traditional games media is played in group consisting of 4 persons. At once round games, it is needed two groups which will keeper group and player group. Keeper group will keep in each line on the carpet of the gobak sodor games while the player group try to through keeper by answer the question which are given by the keeper well. The data sources of research are 12 students of class VII-A at SMPNegeri 2 Surabaya. The sources are gotten from student’s study result before and after using gobak sodor traditional games. The study result increases from 41,67% at pretest become 91,67% at postest and according statistics there are significant difference between the average of pretest and postest result.  This research shows that student’s study result can increase by gobak sodor traditional games.

Keywords: Gobak Sodor Tradisional Games, Element and Simple Chemical Compound


Published
2013-05-30
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 180