Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya pada tingkat Analisis, Evaluasi, dan Kreasi pada Materi Titrasi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Cognitive Skils of Student XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya In Level Analy

  • Triyas Rahayu . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada tingkat analisis, evaluasi, dan kreasi pada materi titrasi asam basa melalui model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan pembelajaran ini diketahui dari kemampuan kognitif siswa berdasarkan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan kognitif siswa pada tingkat analisis, evaluasi, dan kreasi. Tes hasil belajar terdiri dari tes proses dan tes produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil penelitian ini adalah hasil ketuntasan siswa pada pembelajaran inkuiri melalui tes produk diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 81,57% melebihi kriteria ketuntasan minimal (≥76%), yang artinya 81,57% siswa telah mampu memiliki kemampuan kognitif pada tingkat analisis, evaluase, dan mengkreasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa pada tingkat analisis, evaluasi, dan kreasi rata-rata memperoleh penilaian baik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, kemampuan kognitif, titrasi asam basa

The aim of this research to determine cognitife skill on level analyse, evaluate, and creat on main subject of acid base titration by inquiry learning model. The successful of this learning know from cognitife skill which assessed from test of student learning The design of this research is “One Shot Case Study”. Research instrument sheet of learning result test to measure cognitife skills on level analyze, evaluate, and creat. The learning result test result of learning consist of process test and produc test. The data collection technique which uses test method. Result of research is achievement of students in inquiry learning model by product test as classically achieve  81.56% over the minimal  achievement (≥76%), it means 81.57% of students have cognitive skill in level analyze, evaluate, and creat. The conclusion of this research is the cognitive skills of student get good assessment  by implementation of  inquiry learning model.

Key words : Inquiry Learning Model, Cognitife Skill , acid base titration.

Published
2013-05-30
Abstract Views: 492
PDF Downloads: 505